Sponsors Link

Sakit Gigi dan Kepala Sebelah Kiri – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyakit ini bisa dibilang terdengar sepele tapi kalau sudah berbahaya, penyakit ini tidak hanya dirasakan dibagian itu-itu saja. Penyakit ini bisa menimbulkan beberapa bahaya yang tidak pernah tahu kapan itu terjadi pada anda. Setiap orang tentunya pernah merasakan sakit gigi. Tidak terkecuali anak-anak dan orang dewasa. Tipe-tipe sakit gigi yang mereka rasakan bisa saja berbeda-beda.

ads

Kali ini halogigi akan membahas mengenai sakit gigi dan kepala sebelah kiri. Sebelumnya, apakah anda pernah merasakan sakit gigi dan kepala sebelah kiri? Jika pernah, sebenarnya ada beberapa penyebab penyakit lain yang bisa menyebabkan sakit gigi dan kepala sebelah kiri terjadi. Bagi anda yang belum pernah mengalaminya, tidak masalah, karena halogigi akan menginformasikan kepada anda tentang penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri dan cara mencegah dan mengatasi supaya tidak terjadi pada anda.

Penyebab

Berikut ini penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri, yaitu.

1. Plak Menumpuk

Masalah sakit gigi dan kepala sebelah kiri bisa sangat berhubungan dengan adanya penumpukan plak. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan dengan bersih menjadi awal masalah sakit gigi anda. Hal ini karena bakteri dan kuman yang ada di mulut dan gigi anda mengendap dan terus tumbuh aktif sehingga menyerang gigi anda. Jika sudah menumpuk maka akan berlanjut ke masalah gigi dan mulut lainnya.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa menjadi penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri anda. Hal ini karena sakit gigi pada gigi berlubang yang parah bisa menyebabkan iritasi pada syaraf gigi sehingga menjalar ke syaraf yang ada di kepala sebelah kiri. Permasalah ini bisa merembet ke sakit gigi dan telinga berdengung.

3. Gigi Sensitif

Gigi sensitif biasa dialami saat anda mengkonsumsi makanan dan minuman dingin atau memiliki tekstur yang keras. Gigi sensitif bisa menyebabkan sakit gigi dan kepala sebelah kiri terjadi karena sakit yang dirasakan saat gigi sensitif merambat ke bagian serabut saraf fasialis dan trigeminal Saraf fasialis dan trigerminal adalah saraf yang mengatur dan mengirimkan sensasi dari kulit bagian gigi. Dengan demikian saraf fasialis dan trigeminal bisa berhubungan saat anda mengalami sakit gigi dan kepala sebelah kiri.

Cara Mengatasi

Beberapa penyebab yang ditimbulkan dari sakit gigi dan kepala sebelah kiri ikut terasa sakit ternyata bermula dari ada masalah mulut dan gigi. Masalah mulut dan gigi yang kamu rasakan bila sudah mengalami komplikasi seperti sakit gigi dan kepala sebelah kiri ikut terasa sakit harus segera ditangani. Mau tau cara yang tepat menangani masalah sakit gigi dan kepala sebelah kiri. Ini dia ada cara yang mudah tentunya gampang untuk anda lakukan berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Banyaknya artikel yang selalu mengingatkan anda menjaga kebersihan gigi untuk mencegah masalah gigi dan mulut. Hal ini memang terbukti bahwa kebersihan gigi menjadi langkah awal anda untuk terhindar dari masalah sakit gigi dan mulut. Pentingnya menggosok gigi minimal 2 kali sehari, menggunakan obat kumur dan pembersihan menggunakan benang gigi perlu dilakukan.

2. Periksa Kesehatan Gigi

Kondisi kesehatan gigi tidak bisa dilihat dari sebagai mana rutin dan rajin anda dalam menjaga kebersihan gigi saja. Perlunya memeriksa kesehatan gigi ke dokter bisa membantu anda untuk mengetahui lebih detail keadaan gigi anda.

Sponsors Link

Saat sedang sakit gigi dan kepala sebelah kiri anda alami, pemeriksaan perlu dilakukan jika kejadian ini sering dialami oleh anda. Dengan pemeriksaan setiap 6 bulan sekali anda bisa mengetahui upaya yang tepat untuk mencegah dan mengobati sakit gigi anda.

3. Minum Obat Pereda Sakit Kepala

Jika sakit kepala sebelah kiri tidak bisa anda tahan, sebaiknya anda meminum obat sakit kepala. Obat sakit kepala dianggap mampu mengurangi dan menghilangkan sakit kepala anda saat sedang merasakan sakit gigi dan kepala sebelah kiri.

4. Pilih Makanan Sehat dan Bergizi

Makan makanan sehat dan bergizi bisa menjadi pilihan anda untuk menjaga kecukupan energi dan nutrisi tubuh. Dengan memilih makanan sehat dan bergizi, anda membantu mengurangi masalah mulut dan gigi melalui konsumsi makanan hal ini karena makanan yang tidak sehat maupun makanan yang menyebabkan gigi berlubang  bisa menyebabkan salah satu masalah gigi dan mulut seperti sakit gigi.

5. Periksa Masalah Sakit Kepala Anda

Selain periksa ke dokter gigi, saat anda memiliki masalah yang berhubungan dengan sakit kepala ada baiknya anda memeriksannya ke dokter gigi bagian spesialis saraf. Tanyakan kepada dokter apakah sumber penyakit sakit gigi dan kepala sebelah kiri anda.

Sponsors Link

Setelah anda konsultasi ke dokter, pastinya dokter anda akan menyarankan beberapa perawatan yang bisa anda lakukan. Tentunya, pemeriksaan masalah sakit gigi dan kepala sebelah kiri ke dokter terpercaya akan jauh lebih efektif.

6. Istirahat yang Cukup

Tentunya istirahat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh anda. Istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi masalah sakit gigi dan kepala sebelah kiri anda. Hal ini karena tidak semua penyakit yang anda rasakan bisa sekaligus hilang, maka dari itu istirahat yang cukup bisa membantu meredakan sakit kepala sebelah kiri yang disertai sakit gigi.

7. Tidak Menggunakan Bantal Terlalu Tinggi Ketika Tidur

Tidur dengn bantal yang tidak terlalu tinggi sebenarnya baik untuk anda. Pada saat anda mengalami sakit kepala disertai sakit gigi peredaran darah di kepala anda tidak lancar sehingga peredaran darah pada area sekitar kepala anda perlu dijaga. Penggunaan bantal yang tidak telalu tinggi menyebabkan sirkulasi peredaran darah di kepala anda meningkat. Baca gigi bungsu berlubang dan bau mulut pada anak.

Tidak hanya banyaknya penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri ikut terasa sakit tetapi cara mencegah supaya sakit gigi dan kepala sebelah kiri supaya terasa hilang ada banyak. Tentunya kekhawatiran anda tidak akan berlangsung lama mengenai masalah ini. Selain penyebab sakit gigi dan kepala sebelah kiri diawali dari masalah yang kecil, pastinya ada cara pencegahan yang mudah dan bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi