Sponsors Link

Dampak Sakit Gigi dan Telinga Berdengung dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit pada gigi yang disertai dengan telinga berdengung dalam istilah kedokteran biasa disebut barodontalgia. Barodontalgia dapat terjadi akibat ada perubahan tekanan udara yang ada di telinga. Selain itu barodontalgia merupakan gejala yang ditimbulakn akibat serangan patologi. Pada masalah sakit gigi yang berhubungan dengan telinga berdengung biasanya menyebabkan rasa nyeri pada gigi semakin sakit dan anda kesulitan mendengar. Berikut ini masalah mulut dan gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi dan telinga berdengung.

ads
  • Karies Gigi
  • Restorasi Gigi yang Rusak
  • Nekrosis Pulsa
  • Kista Tulang Rahang
  • Gigi Impaksi

Setelah mengetahui masalah mulut dan gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi dan telinga berdengung, anda perlu mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan jika anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung.

1. Gigi terasa nyeri

Rasa sakit gigi bisa membuat penderitanya merasakan nyeri pada bagian gigi. Rasa nyeri bisa ditimbulkan saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung. Hal ini karena pengaruh reaksi tubuh akibat adanya masalah pada gigi atau mulut anda.

2. Pendengaran Terganggu

Saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung, pendengaran anda terganggu. Pendengaran yang terganggu saat anda mengalami sakit gigi karena anda memiliki tekanan udara antara di dalam telinga maupun diluar telinga berbeda. Jika ada orang yang mengajak anda bicara, tentu akan menjadi hal yang sulit karena anda harus fokus dengan suara yang ditimbulkan lawan bicara anda.

3. Susah Makan

Kesulitan dalam aktivitas makan dan minum pastinya tidak mengenakkan. Apalagi saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung. Hal ini memang perlu diwajari, karena anda harus bisa menahan rasa sakit gigi dan telinga berdengung sehingga anda kesulitan untuk mengunyah. Jika anda ingin makan ketika sakit gigi dan telinga berdengung pastikan anda tidak terlalu memaksakan karena nanti akan menganggu aktivitas makan dan minum anda. Pastikan saat hal ini terjadi, anda memilih makanan dan minuman yang mudah dicerna.

4. Kepala pening

Reaksi kepala pening bisa terjadi ketika anda sedang sakit gigi dan telinga berdengung. Adanya sistem saraf antara gigi dengan kepala berhubungan sehingga saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung pastinya anda akan mengalami kepala pening. Selain itu ada juga yang perlu anda ketahui hubungan sakit gigi dengan pusing supaya tidak terjadi masalah kesehatan lain.

5. Kehilangan Kesadaran

Jika anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung, anda bisa mengalami kehilangan kesadaran. Mengapa ini terjadi ?. Adanya faktor ketidakmampuan penderita untuk menahan rasa sakit yang bersamaan sehingga terjadi pingsan. Oleh karena itu, pastikan saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung harus memiliki tingkat imunitas yang baik agar nantinya anda bisa menahan rasa sakit gigi dan telinga berdengung secara bersamaan.

Sponsors Link

Dampak yang ditimbulkan dari sakit gigi dan telinga berdengung tentunya perlu anda atasi segera. Jika tidak, dampak maupun penyebab masalah sakit gigi dan telinga berdengung semakin parah. Berikut ini, cara yang bisa anda lakukan jika anda mengalami sebelum dan saat sedang sakit gigi dan telinga berdengung.

ads

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi perlu dijaga dengan baik agar gigi tetap sehat, putih dan bersih. Banyaknya cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dengan melakukan perawatan sesuai pakar kesehatan, mencoba perawatan herbal dan kimia, dan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi agar tetap sehat.

2. Periksa Kesehatan Gigi

Pada awal penjelasan, sakit gigi dan telinga berdengung bisa menjadi faktor gejala yang bersumber dari masalah gigi. Jika menjaga kebersihan sudah anda lakukan sesuai dengan aturan dokter seperti 10 pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan, menghindari konsumsi 15 makanan yang menyebabkan gigi berlubang dan keropos dan cara mengatasi masalah gigi dan mulut, anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Periksa kesehatan gigi bisa mengetahui apakah ada masalah gigi atau mulut lain yang anda alami dan anda akan diberikan saran dan masukan dokter perawatan dan pengobatan apa yang tepat untuk anda.

3. Periksa ke Dokter THT

Setelah anda periksa kesehatan gigi anda pastikan anda mengecek kondisi kesehatan telinga anda ke dokter THT. Pemeriksaan telinga ke dokter THT diharapkan tidak ada komplikasi lanjutan yang ditimbulkan saat anda mengalami sakit gigi dan telinga berdengung.

4. Minum Obat Sakit Gigi

Minum obat sakit gigi ketika sedang mengalami sakit gigi dan telinga berdengung perlu dilakukan. Hal ini untuk mengurangi salah satu penyakit saat anda mengalami gejala penyakit yang sama. Dalam kasus sakit gigi dan telinga berdengung, anda bisa mengkonsumsi obat sakit gigi. Konsumsi obat sakit gigi diharapkan bisa mengurangi dan menghilangkan rasa sakit gigi yang anda alami. Ada cara lain yang bisa anda lakukan selain mengkonsumsi obat sakit gigi yaitu dengan mengetahui cara mengobati sakit gigi berkepanjangan

5. Hindari Aktivitas Mendengarkan Suara yang Keras

Saat telinga anda berdengung saat sakit gigi, aktivitas seperti mendengarkan suara yang keras bisa menganggu pendengaran anda. Aktivitas mendengarkan suara yang keras bisa saja merusak pendengaran dan menyakiti telinga anda. Oleh karena itu, anda perlu mengurangi volume suara jika anda mendengarkan sesuatu atau saat anda sedang ingin bisa dengan orang lain diusahakan untuk tidak terlalu keras suaranya.

Setelah anda mengetahui penyebab,dampak dan cara mengatasi sakit gigi dan telinga berdengung, pastinya bisa menambah pengetahuan anda bukan ?. Tips dan trik yang disampaikan halogigi bisa dilakukan dengan mudah oleh anda. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini