Sponsors Link

Sakit Gigi Disertai Sakit Pada Telinga – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Kerap kali penyakit yang menyebabkan masalah kesehatan mulut dan gigi berhubungan dengan penyakit lainnya. Salah satu masalah kesehatan gigi yang sering dirasakan tidak hanya anak-anak maupun orang dewasa saja. Masalah gigi seperti sakit gigi bisa menyerang berbagai orang tubuh kita lainnya. Organ tubuh yang sering merasakan sakit bersamaan dengan sakit gigi salah satunya adalah sakit pada telinga. Sakit yang ditimbulkan pada telinga dapat disebabkan oleh infeksi bagian telinga tengah.

ads

Sakit gigi disertai sakit pada telinga sebenarnya bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan kita tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat sakit gigi disertai sakit pada telinga bisa diidap oleh anda. Anda penasaran bukan ?. Yuk kita simak selengkapnya berikut ini.

1. Radang Pada Pulpa Gigi

Pada bagian gigi ada yang dapat kita sebut pulpa. Pulpa pada gigi berada dalam lapisan terdalam di struktur gigi. Pulpa gigi ini terdiri dari beberapa bagian yaitu pembuluh darah dan saraf sensitif. Saat sakit gigi menyerang anda, ada beberapa orang yang menderita karena akibat pulpa gigi meradang. Asal radang ini bisa disebabkan oleh faktor lain seperti penyusutan gusi, nanah, pembusukan gigi dan gigi tambalan yang rusak. Perlu anda ketahui bahwa pulpa gigi berfungsi untuk menerima stimulus rangsangan dari panas, dingin tekanan dan lainnya, membawa oksigen dan nutrisi untuk perkembangan dan fungsi gigi agar tetap berjalan.

2. Abses Gigi atau Gusi

Abses gigi adalah kantung atau benjolan nanah pada gigi karena infeksi bakteri. Biasanya abses gigi muncul pada ujung akar gigi. Adanya abses gigi pada penderita bisa menyebabkan komplikasi lain seperti terasa nyeri pada gigi yang mengalami abses. Munculnya abses gusi ini menyebabkan telinga ikut mengalami sakit. Hal ini karena nervus V, VII, IX dan X memiliki hubungan dengan syaraf yang sama dengan syaraf pada telinga. Jadi jika anda mengalami abses gigi, ada kemungkinan sakit pada telinga akan anda alami.

Abses tidak hanya terjadi pada gigi anda saja tetapi bisa menyerang gusi anda. Munculnya abses pada gusi biasa terjadi pada bagian gigi geraham belakang. Kondisi gigi geraham belakang mengalami sakit akan menyebabkan telinga anda ikut mengalami sakit. Hal ini karena letak gigi geraham belakang yang berdekatan dengan telinga. Selain itu anda perlu mengetahui gigi geraham berlubang parah agar tidak terjadi sakit pada gigi geraham belakang anda.

3. Barodontalgia

Penyakit barodontalgia adalah penyakit yang berhubungan dengan gigi dan telinga. Ini bisa terjadi karena ada pengaruh ketinggian. Misalnya seseorang yang berada dipesawat atau sedang menyelam, tekanan udara yang ada ditelinga pastinya akan berbeda karena gas terjebak dalam gigi sedangkan tekanan atmosfer rendah sehingga gigi berekspansi dan menstimulasi saraf gigi dan menimbulkan sakit.

4. Tambalan Gigi

Tambalan gigi bisa dikaitkan dengan timbulnya sakit gigi disertai sakit pada telinga karena bahan tambalan yang mengisi gigi terperangkap bersama dengan udara akibat tambalan gigi kurang rapi sehingga mengalami kebocoran. Keadaan ini bisa terjadi makin para apabila orang yang mengalaminya sedang berada di dalam pesawat atau menyelam. Supaya anda tidak mengalami sakit gigi disertai sakit pada telinga karena tambalan gigi maka anda perlu mengetahui jenis bahan tambal gigicara merawat gigi tambalan, dan pantangan sesudah tambal gigi.

Sponsors Link

5. Fraktur Gigi

Fraktur pada gigi bisa terjadi karena trauma pada wajah atau gigi geligi sehingga menyebabkan giri retak (fraktur gigi). Kaitannya dengan sakit gigi disertai sakit pada telinga menyebabkan kondisi gigi memiliki ruang yang terbuka sehingga tekanan udara rongga tubuh harus sama dengan tekanan udara diluar. Apabila fraktur gigi anda mengalami sakit dan tekanan udara didalam rongga tubuh dengan udara diluar berbeda makan akan lebih mudah mengalami sakit gigi disertai sakit pada telinga. Untuk menghindari ini terjadi maka diusahakan tekanan udara rongga tubuh sama dengan tekanan udara diluar.

6. Keausan Gigi

Gigi bisa saja mengalami keausan karena terganggunya sendi rahang. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan keausan gigi adalah mengertakan gigi adalah kegiatan mengerak-gerakan gigi tanpa sadar saat tidur, menggigit kuku atau mengunyah permen karet, trauma rahang, stress dan lainnya. Pada kasus menggertakan gigi, keausan gigi bisa menyebabkan gigi mengalami sakit dan sakit pada telinga ketika penderita bangun setelahnya.

Sponsors Link

Jika anda mengalami sakit gigi dan sakit pada telinga, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti melakukan kompres pada telinga atau gigi anda yang sakit, minum parasetamol atau antibiotik untuk meredakan sakit, periksa ke dokter gigi dan/atau ke dokter THT agar mengetahui penyebab rasa sakit gigi disertai sakit telinga.

Dengan memeriksa ke dokter terpercaya maka anda akan diberikan penanganan yang tepat dan efektif. Selain itu, langkah awal untuk menghindari penyebab sakit gigi disertai sakit pada telinga terjadi dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi misalnya mengetahui pentingnya menggosok gigi, menggunakan obat kumur, memilih makanan yang menyehatkan gigi, memakai benang gigi, mengetahui makanan yang menguatkan gusi dan periksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini