Sponsors Link

Sakit Gigi saat Hamil ? Ini Soilusinya

Sponsors Link

Ibu hamil memang kerap kali mengalami berbagai keluhan kesehatan, baik di trisemester pertama, kedua, dan ketiga. Keluhan kesehatan pada ibu hamil ini memang merupakan salah satu respon tubuh ibu untuk mengatasi kondisi tubuhnya yang baru. Misalnya pada trisemester pertama, ibu akan mengalami morning sickness. Sementara itu di trisemester terakhir akan mengalami sembelit. Keluhan kesehatan ibu hamil juga seringkali berasal dari rongga mulut. Ada beberapa wanita yang mengeluh sakit gigi saat hamil. Sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Perubahan hormon ibu hamil

Salah satu kondisi ibu hamil yang mengeluhkan berbagai gangguan kesehatan adalah dikarenakan perubahan hormonal. Perubahan hormon pada wanita bisa juga menyebabkan sakit gigi saat hamil. Sakit gigi ini bisa muncul jika gusi mengalami peradangan, yang mana memang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Peradangan pada gusi yang biasa disebut dengan istilah gingivitis akan menyebabkan gusi menjadi bengkak dan berdarah. Terutama saat menyikat gigi. Maka dari itu gunakan Pasta Gigi untuk Gusi Berdarah agar bisa meminimalisir risiko tersebut.

Selain gingivitis, penyakit lain pada rongga mulut yang sering menciptakan rasa sakit karena perubahan hormon adalah periodontal, atau gangguan pada jaringan pendukung gigi. Gangguan ini adalah efek samping dari gingivitis yang tidak diobati atau ditangani dengan tepat. Selain itu, ada juga gangguan pada rongga mulut yang bisa terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil, seperti benjolan pada gusi. Benjolan ini biasa dikenal dengan istilah epulis gravidarum atau tumor kehamilan.

Perubahan hormon pada ibu hamil biasanya mempengaruhi kinerja dari sistem imun tubuh, sehingga sistem imun tidak maksimal dalam melawan bakteri dan juga virus yang menyebabkan penyakit pada tubuh. Untuk rongga mulut itu sendiri, bakteri yang ada di dalamnya menjadi lebih mudah menyerang gusi dan gigi, sehingga gusi dan gigi menjadi mudah terserang berbagai macam gangguan.

  1. Muntah akibat morning sickness

Seperti yang dijelaskan di atas, ibu hamil kerap kali juga mengalami morning sickness. Morning sickness ini sendiri menyebabkan ibu hamil mudah mual dan mudah muntah. Tentunya mual dan muntah ini bisa mengembalikan makanan dari rongga mulut. Dan ketika proses tersebut, ada sebagian asam lambung yang naik dan mengisi rongga mulut. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka asam lambung dengan sifat asam kuat itu bisa merusak enamel gigi.

Hal inilah yang menyebabkan risiko gigi berlubang bisa terjadi pada ibu hamil. Jika terus berlanjut, maka gigi berlubang pun bisa menjadi masalah dikemudian hari. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan Perawatan Gigi Untuk Ibu Hamil.

  1. Kekurangan kalsium

Ibu hamil biasanya juga lebih selektif dalam makan. Apalagi jika morning sickness disertai dengan rasa mual dan sensitif terhadap bau-bauan. Biasanya makanan yang biasanya sehat dan lezat menjadi makanan yang kurang disukai. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan nutrisi, termasuk kalsium. Jika ibu hamil kurang memenuhi kalsiumnya, maka bisa jadi tulang dan gigi terkena dampaknya, yaitu mudah keropos atau mudah berlubang. Yang nantinya bisa meningkatkan risiko dari sakit gigi berlubang.

Sponsors Link

Itulah beberapa penyebab ibu hamil bisa mengalami sakit gigi. Tentunya sakit gigi maupun masalah pada rongga mulut lainnya tidak akan terasa nyaman pada ibu hamil, karena bisa menciptakan rasa sakit dan juga penurunan nafsu makan. Maka dari itu kondisi ini perlu dicegah dan diatasi dengan baik. Cara mengatasi sakit gigi saat hamil yang perlu dilakukan antara lain adalah dengan:

  • Gosok gigi sehari minimal 2 kali untuk kebersihan rongga mulut dengan Pasta Gigi untuk Ibu Hamil
  • Menggunakan alat benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi minimal 1 kali sehari
  • Menggunakan obat kumur yang tepat dan tidak mengandung alkohol
  • Jika muntah terjadi pada ibu hamil, segera bilas dengan air putih. Lanjutkan dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan gigi secukupnya, baru kemudian gosok gigi untuk menghilangkan lapisan asam lambung yang menempel pada gigi
  • Penuhi asupan kalsium harian dan nutrisi penting lainnya selama masa kehamilan
  • Menggunakan bahan herbal yang lebih aman untuk ibu hamil, seperti Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Bawang Putih
Sponsors Link

Jika sakit gigi saat hamil terjadi, maka pengobatan maupun perawatan bisa saja dilakukan. Namun, biasanya dokter hanya akan merekomendasikan trisemester kedua sebagai masa pengobatan atau perawatan yang tepat. Hal ini dikarenakan usia kehamilan muda (trisemester pertama) adalah masa kehamilan yang paling penting dan tidak boleh dipengaruhi oleh faktor luar, karena risikonya paling besar. Sedangkan untuk usia kehamilan tua (trisemester akhir) rahim akan lebih sensitif, sehingga pengobatan dan perawatan gigi pada usia kehamilan ini kurang direkomendasikan. Atau, lakukan saja Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Pijatan asalkan sudah dikonsultasikan dulu dengan dokter yang bersangkutan.

Demikianlah beberapa penyebab sakit gigi saat hamil dan cara mengatasinya. Jika ibu hamil mengalami sakit gigi, maka ada baiknya konsultasikan pada dokter gigi. Jangan lupa katakan pada dokter bahwa Anda sedang hamil, agar dokter tahu dan tidak sembarangan memberikan perlakuan medis. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini