Sponsors Link

Sakit Gigi saat Hamil 8 Bulan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masalah pada gigi adalah masalah yang lazim dialami oleh masyarakat. Sakit gigi dan gusi itu sendiri memang bukan perkara baru. Kebanyakan permasalahan pada gigi adalah dikarenakan cara menyikat gigi yang salah sehingga sisa makanan bisa memicu perkembangan bakteri di dalam mulut. Jika bakteri menyebar, maka bukan hal mustahil jika sakit gigi bisa terjadi.

ads

Sakit gigi ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk ibu hamil tua. Sakit gigi saat hamil 8 bulan juga kerap kali terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya sebagai berikut:

  1. Perubahan hormon

Beberapa masalah pada ibu hamil kebanyakan disebabkan oleh perubahan hormon. Termasuk masalah pada gigi dan rongga mulut. Ibu hamil yang mengalami perubahan hormol bisa menyebabkan pengaruh pada gusi dan gigi, yaitu gusi menjadi lebih lunak. Kondisi inilah yang sering menjadikan gusi dan gigi sering terserang peradangan dan juga bakteri. Apalagi jika cara menyikat gigi dengan benar tidak dilaksanakan. Maka ibu hamil akan lebih mudah mengalami masalah.

  1. Kurang kalsium

Ibu hamil juga tentunya perlu menjaga asupan nutrisi harian mereka. Namun kebanyakan ibu hamil tidak tanggap dengan kondisi tersebut, sehingga bisa terjadi kasus kekurangan nutrisi. Jika kalsium kurang dan tidak mencukupi, maka bisa jadi selama masa kehamilan gigi ibu hamil tersebut akan lebih mudah keropos. Selain itu mungkin ibu hamil tidak menjaga pola makan, sehingga Makanan yang Menyebabkan Gigi Berlubang tetap dikonsumsi selama masa kehamilan. Efeknya mungkin baru terasa di usia kehamilan tua, seperti kehamilan 8 bulan ini. Sehingga bisa muncul sakit gigi saat hamil 8 bulan.

  1. Tidak menyikat gigi dengan benar

Cara menyikat gigi pada kebanyakan orang selama ini juga tidak sempurna. Jika ibu hamil tetap menjalani pola hidup yang kurang bersih tersebut selama masa kehamilan, tentunya hal ini bisa berefek pada sakit gigi yang bisa terjadi di masa kehamilan 8 bulan.

Sakit gigi saat hamil usia 8 bulan ini memang bukan merupakan penyakit yang mematikan. Namun, karena sudah berusia tua, kehamilan menjadi lebih rentan akan kelahiran prematur. Hal ini disebabkan karena saat sakit gigi terjadi, akan keluar hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin inilah yang bisa memicu kontraksi pada rahim. Jika terjadi secara terus menerus, maka bisa jadi bayi akan dilahirkan secara prematur di usia 8 bulan. Maka dari itu, sakit gigi pada ibu hamil 8 bulan perlu untuk diatasi dengan baik.

Cara mengatasi Sakit Gigi saat Hamil di usia kehamilan 8 bulan juga harus dilakukan dengan aman. Beberapa cara yang bisa dilakukan dengan aman antara lain:

  1. Menyikat gigi secara rutin

Saat sedang sakit gigi, mungkin orang-orang akan malas menyikat gigi. Hal ini dikarenakan ada rasa sakit pada gusi atau gigi saat disikat. Namun, saat sakit gigi, menyikat gigi harus tetap dilakukan agar bakteri dan kuman yang ada di dalam rongga mulut tidak terus menerus menginfeksi dan bisa dihilangkan pelan-pelan.

Sponsors Link

  1. Berkumur dengan larutan garam hangat

Air garam merupakan salah satu larutan yang berperan aktif dalam membasmi bakteri pada rongga mulut. Maka dari itu, mendapatkan mulut yang bersih dari bakteri bisa dilakukan dengan berkumur dengan larutan garam hangat. Dan karena larutan garam hanya dijadikan obat kumur, cara ini cenderung tidak berbahaya bagi ibu hamil.

  1. Mengompres dengan air dingin

Jika sakit gigi pada ibu hamil disertai dengan pembengkakan pada gigi, maka cara yang efektif untuk meredakan pembengkakan itu adalah dengan melakukan kompres air dingin pada bagian pipi yang membengkak.

  1. Menggunakan obat oles alami

Obat oles alami dari bahan-bahan herbal juga bisa diberikan pada bagian gigi yang sakit. Misalnya gunakan saja minyak cengkeh atau bawang putih halus untuk dioleskan pada bagian gigi atau gusi yang meradang. Cara ini juga relatif aman bagi ibu hamil.

Sponsors Link

  1. Konsumsi obat pereda rasa sakit untuk ibu hamil

Jika sakit gigi yang terjadi cukup parah dan menyebabkan rasa sakit atau ngilu berkepanjangan, maka salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit ini adalah dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Namun gunakan Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil dan obat pereda rasa sakit yang benar-benar sesuai dan aman bagi ibu hamil. Konsultasikan ke dokter kandungan untuk menanyakan obat mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

  1. Periksa ke dokter

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi. Saat hamil, perawatan gigi untuk ibu hamil dengan dokter gigi biasanya tidak bisa dilakukan dengan tuntas. Namun dokter gigi akan membantu mengatasi rasa sakit gigi itu dengan cara yang tepat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab Sakit gigi saat hamil 8 bulan dan cara mengatasinya yang perlu diketahui. Selalu jaga kebersihan rongga mulut agar kehamilan bisa berjalan lancar tanpa hambatan sakit gigi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi