Sponsors Link

Sakit Gigi saat Hamil Apakah Bawaan Bayi ? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Ibu hamil mungkin memang seringkali merasakan masalah pada tubuhnya. Ada ibu hamil yang mengalami morning sickness saat usia kehamilan muda. Ada juga yang mengalami sakit pinggang atau pembengkakan di usia kehamilan yang mulai menua. Dan tidak jarang juga ibu hamil yang mengalami sakit gigi, baik di usia kehamilan muda maupun tua. Mungkin akan muncul pertanyaan seperti sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi? Benarkah sakit gigi itu bawaan dari bayi?

ads

Sakit gigi saat hamil memang cukup menyiksa. Ibu hamil mungkin akan sulit mengonsumsi makanan karena kesulitan mengunyah. Selain itu, rasa sakit gigi ini juga pastinya sangat menyiksa. Belum lagi jika mood masih tidak stabil selama masa kehamilan. Pada dasarnya tidak semua sakit gigi saat hamil dikarenakan bawaan bayi. Namun jika dibilang bawaan bayi, itu juga bisa terjadi. Lebih tepatnya efek dari morning sickness dan perubahan hormon. Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab dari sakit gigi saat hamil.

  1. Riwayat gigi berlubang ibu hamil

Sakit gigi ketika hamil bisa terjadi jika sebelumnya ibu hamil ini memang sudah memiliki riwayat gigi berlubang. Gigi berlubang ini jika tidak diatasi maka bisa meradang ketika hamil. Perlu diketahui bahwa ketika hamil, metabolisme ibu akan berubah. Hal ini bisa mempengaruhi sistem imun tubuh, sehingga jika ada virus atau bakteri yang masuk, ibu akan lebih sulit untuk mengusirnya. Maka, gigi berlubang yang tidak diatasi sebelum masa kehamilan berpotensi untuk meradang di masa kehamilan karena bakteri yang ada di rongga mulut.

  1. Efek morning sickness

Morning sickness dimana ibu hamil akan sering mual dan muntah juga bisa menyebabkan sakit gigi ketika masa kehamilan. Morning sickness yang disertai muntah akan menyebabkan asam lambung ikut naik dan membasahi rongga mulut. Asam lambung itu sendiri sama seperti zat asam lainnya yang memiliki sifat korosif. Akibatnya, enamel gigi bisa terkikis jika ibu hamil terus menerus muntah. Apalagi jika Perawatan Gigi Untuk Ibu Hamil tidak dilakukan dengan tepat. Efeknya bisa menyebabkan gigi sering ngilu dan menjadi gigi sensitif.

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon inilah yang sering menjadi jawaban dari pertanyaan sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi. Hormon pada ibu hamil memang akan berubah selama masa kehamilan. Hormon yang berubah ini sering menyebabkan gusi lebih mudah berdarah dan meradang. Jika peradangan terjadi, maka gusi akan membengkak dan muncul rasa sakit baik pada gusi maupun pada gigi. Infeksi pun bisa terjadi untuk beberapa kasus ibu hamil.

  1. Kurang kalsium

Ibu hamil tentunya perlu mengisi tubuhnya dengan nutrisi penting selama masa kehamilan. Namun biasanya ibu hamil akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini juga bisa menyebabkan kebutuhan nutrisi harian tidak terpenuhi, termasuk kalsium. Jika kalsium tidak terpenuhi, maka gigi juga bisa berlubang. Dan jika hal ini terjadi pada masa kehamilan bukan hal yang mustahil jika sakit gigi akan sering terjadi.

Sponsors Link

  1. Membersihkan gigi yang tidak sempurna

Ibu hamil, khususnya hamil muda biasanya memang akan merasakan mual saat sikat gigi. Hal ini menyebabkan mereka menyikat gigi asal-asalan atau bahkan tidak mau sikat gigi sama sekali. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, maka kebersihan rongga mulut bisa menurun. Bakteri akan semakin berkembang pesat dan menyebabkan ibu hamil mengalami sakit gigi atau gusi berkepanjangan. Maka dari itu ketahui bagaimana Cara Menyikat Gigi dengan Benar agar kebersihan rongga mulut tetap terjaga.

ads

Itulah beberapa penyebab dari sakit gigi ketika hamil. Jadi jika ada yang bertanya sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi, maka jawabannya bisa bermacam-macam. Namun sebagian besar penyebabnya memang karena perubahan pola hidup dan hormon ibu hamil yang tidak lagi sama seperti sebelum hamil. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir potensi sakit gigi saat hamil.

Menjaga kebersihan mulut

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Ibu hamil perlu melakukan ini agar bakteri di rongga mulutnya tidak berkembang pesat dan menyebabkan peradangan di sana-sini. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil agar bisa menjaga kebersihan mulut antara lain:

  • Menyikat gigi dengan benar secara rutin 2 kali sehari
  • Menggunakan pasta gigi untuk ibu hamil yang cocok dan tidak menyebabkan mual
  • Menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi
  • Menggunakan obat kumur yang cocok untuk ibu hamil
  • Berkumur dan menggosok gigi setelah muntah agar asam lambung tidak menggerogoti enamel gigi

Mengonsumsi makanan sehat

Cara kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Tujuannya adalah agar asupan kalsium dan vitamin lainnya bisa tercukupi. Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan rongga mulut ibu hamil.

Mengurangi konsumsi gula

Gula adalah makanan yang sebaiknya dikurangi, baik untuk ibu hamil maupun untuk orang yang sedang tidak hamil. Hal ini dikarenakan gula bisa menciptakan plak di gigi dan memicu perkembangan bakteri yang ada di dalam rongga mulut, sehingga gigi dan gusi akan lebih mudah meradang. Gula adalah salah satu bagian dari Makanan yang Menyebabkan Gigi Berlubang dan juga keropos.

Menggunakan bahan alami untuk mengobati sakit gigi

Jika ibu hamil mengalami sakit gigi atau gusi, maka cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada begitu banyak bahan alami dan tidak berbahaya bagi ibu dan juga janin untuk mengobati sakit gigi. Gunakan saja bahan alami ini agar bisa mengurangi gejala sakit gigi.

Sponsors Link

Mendatangi dokter gigi

Walau dokter gigi tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi sakit gigi ketika hamil karena beberapa alasan medis, namun dokter gigi tentu bisa memberikan perawatan atau pembersihan pada ibu hamil agar sakit gigi itu bisa berkurang gejala atau rasa sakitnya.

Demikianlah penjelasan mengenai sakit gigi ketika hamil dan juga beberapa cara mengatasinya. Sekali lagi, jika ada yang bertanya sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi, maka jawabannya adalah tergantung dari kondisi ibu hamil itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi