Sponsors Link

Sakit Gigi Saat Hamil Muda – Penyebab, Cara Mengatasi dan Pencegahan

Sponsors Link

Apakah anda termasuk Ibu yang mengalami sakit gigi saat hamil muda? Sakit gigi menjadi permasalan yang sering alami, baik itu ketika kehamilan ataupun tidak. Saat anda tidak sedang hamil mungkin berbagai cara dapat anda lakukan mulai dari mengkonsumsi obat sakit gigi hingga melakukan penanganan sakit gigi seperti mengkonsumsi obat sakit gigi paling ampuh hingga melakukan cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit. Namun bagaimana jika sakit gigi terjadi saat anda hamil muda yang begitu rentan terhadap resiko keguguran?

ads

Masalah sakit gigi saat hamil memang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Selain dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin, sakit gigi saat hamil muda juga rentan terkadap resiko keguguran. Berikut penyebab sakit gigi saat hamil muda beserta cara mengatasi dan pencehananya yang dapat anda ketahui.

  1. Terjadinya Pembengkakan Pada Gusi

Terjadinya gusi bengkak pada ibu hamil memang sangat sering dialami. Bahkan sebagian besar dari mereka sering mengalami keluhan akibat gusi bengkak yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Biasanya timbulnya pembengkakan di area sekitar gusi seringkali dipicu oleh masalah gigi berlubang. Dimana gigi yang mengalami lubang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang menimbulkan pembengkakan di area sekitarnya hingga menyebabkan gusi berdarah saat hamil.

  1. Kurangnya Asupan Kalsium

Penyebab sakit gigi saat hamil juga dapat dipicu karena kurangnya asupan kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa dipercayai jika kurangnya asupan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit saat hamil muda. Selain itu, gigi bayi yang dikandungnya pun juga rentan terjadinya karies gigi pada anak usia balita dan perawatannya.

Namun kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sebagian besar kebutuhan kalsium bayi justru diambil dari tulang ibunya. Namun jika asupan kalsium ibu sangat berkurang, hal tersebut juga berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalamnya. Jadi sebaiknya selama proses kehamilan berlangsung, anda harus memperbanyak asupan makanan yang menguatkan gigi untuk memenuhi kebutuhan kalsium janin dan melindungi organ gigi dari masalah gigi berlubang dan hibdari makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

  1. Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon selama kehamilan memang menjadi masalah yang sering terjadi. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu penyebab sakit gigi yang paling umum dialami bagi sebagain besar wanita hamil. Adanya perubahan hormon kemungkinan menyebabkan munculnya peradangan di bagian gusi (Gingvitis) yang memicu terjadinya gusi bengkak saat hamil 8 bulan.

Selain masalah gusi bengkak, perubahan hormon juga seringkali menimbulkan penyakit periodontal yaitu sebuah penyakit yang terjadi di jaringan pendukung gigi. Terjadinya penyakit periodontal dipicu adanya masalah peradangan gusi yang tidak ditangani secara serius. Selain itu, kondiri lain yang sering dialami saat hamil adalah Epulis Gravidarium atau timbulnya benjolan pada gusi yang sering menyebabkan sakit gigi akibat lubang selama hamil.

Sponsors Link

  1. Tinginya Asam Lambung

Perubahan hormon selama masa kehamilan kerap memicu terjadinya masalah gigi yang serius. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh keadaan cincin otot yang digunakan untuk menjaga makanan yang masuk ke dalam perut menjadi melemah. Alhasil, makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut pun akan anda muntahkan.

Jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut terus dimuntahkan tentu akan memicu peningkatan asam lambung yang semakin kuat. Muntah yang terus menerus pada akhirnya dapat merusak lapisan pelindung gigi atau enamel gigi yang menyebabkan terjadinya karies gigi.

ads

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi

Sakit gigi saat hamil muda ternyata juga dapat dipicu oleh perawatan gigi yang kurang dijaga. Umumnya kebanyakan ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan di masa kehamilannya. Selain tubuh yang merasa lebih cepat lelah, terkadang rasa letih pun juga dirasakan. Biasanya saat tubuh merasa letih dan kurang bertenaga, kebanyakan ibu hamil akan malas melakukan aktivitas termasuk urusan menjaga kebersihan gigi.

Cara mengatasi sakit gigi saat hamil muda tentu tidak dapat dilakukan begitu saja. Anda harus memperhatikan efek samping dari penggunaan obat-obatan medis yang berakibat fatal pada kondisi janin di dalam kandungan. Untuk itu, berikut cara mengatasi sakit gigi ketika hamil muda secara alami dan tradisional:

  • Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih . Kandungan Allicin dalam bawang putih dapat meredakan rasa sakit pada gigi yang berlebih. Selain itu, kandungan bawang putih juga dapat meredakan rasa ngilu pada gigi. Anda dapat menggunakannya dengan menumpuk bawang putih secukupnya. Setelah itu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

  • Minyak Cengkeh

Kandungan minyak cengkeh yang dapat digunakan sebagai obat antiseptik alami ternyata mampu memberikan rasa ringat pada gigi saat mengalami lupa atau gusi berdarah. Caranya anda bisa mengambil minyak cengkeh secukupnya. Kemudian tuangkan dalam kapas kecil dan tempelkan pada bagian gigi atau gusi yang mengalami infeksi atau sakit. Minyak cengkeh cuga dapat digunakan sebagai cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar.

  • Daun Bayam

Jika anda merasakan ngilu pada bagian gigi yang teramat parah, maka daun bayam dapat anda gunakan sebagai obat sakit gigi berlubang dan ngilu ngilu  pada ibu hamil. Anda dapat mengambil daun bayam secukupnya. Setelah itu tumbuk hingga halus dan letakan pada bagian gigi yang terasa ngilu dan sakit.

  • Air Garam

Larutan air garam menjadi obat kumur untuk gusi bengkak bagi ibu hamil. Kandungannya yang mampu memberikan rasa ringan pada gigi dapat anda gunakan untuk obat sakit gigi berlubang untuk ibu hamil. Anda bisa melarutkan beberapa sendok makan garam kemudian buat larutan tersebut sebagai obat kumur sehari-hari.

Selain melakukan cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil, anda juga dapat melakukan beberapa pencegahan dini agar sakit gigi tidak terjadi selama masa kehamilan anda, yaitu dengan cara berikut ini:

  • Selalu bersihkan gigi setelah selesai makan.
  • Rutin menggosok gigi 2 – 3 kali dalam sehari yaitu di pagi, siang, dan malam hari.
  • Jaga pola makan dengan menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang.
  • Rutin melakukan perawatan gigi ke dokter spesialis gigi langganan.

Sakit gigi saat hamil muda dan tua memang menjadi persoalan yang begitu menakutkan bagi sejumlah ibu hamil. Resikonya yang begitu fatal, membuat permasalahan seperti ini harus mendapatkan penanganan secara optimal termasuk mengetahui penyebab sakit gigi saat hamil muda serta cara mengatasi dan pencegahan dini yang dapat anda lakukan seperti di atas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini