Sponsors Link

Sakit Gigi Sampai Ke Kepala dan Mata – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Sakit kepala pernah dirasakan setiap orang terutama saat anda sedang banyak pikiran dan kelelahan. Namun pernahkah anda merasakan kepala yang dibarengi dengan sakit gigi dan sakit pada mata ?. Jika anda pernah mengalaminya, patut anda waspadai karena bisa jadi gejala komplikasi tersebut bisa berdampak serius pada anda. Berikut ini penyebab sakit gigi sampai ke kepala dan mata bisa terjadi pada anda.

ads

Penyebab Sakit Gigi Sampai Ke Kepala dan Mata

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang sering kali dianggap masalah kecil. Penyakit gigi ini sering mulai terjadi pada saat anak-anak dan terkadang tidak ditangani dengan baik hingga beranjak dewasa. Keadaan seperti ini memungkinkan anda akan lebih mudah mengalami permasalahan gigi lainnya. Oleh karena itu membersihkan gigi dengan baik dan benar perlu dilakukan supaya terhindar dari masalah gigi berlubang seperti gigi berlubang parah busuk.

2. Infeksi Gigi

Infeksi Gigi bisa terjadi saat anda yang tidak menjaga kebersihan gigi. Tahapan gigi mengalami infeksi karena gigi diserang oleh bakteri yang sudah berkembang sejak lama. Kemudian bakteri tersebut berkembang dan mengalami pelebaran tempat tumbuh sehingga menginfeksi gigi anda. Gigi yang mengalami infeksi ditandai dengan kerusakan ujung akar dan pulpa gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Sampai Ke Kepala dan Mata

Setelah anda mengetahui penyebab sakit gigi sampai ke kepala dan mata, ada beberapa efek samping yang bisa anda rasakan. Beberapa efek samping dari sakit gigi sampai ke kepala dan mata akan halogigi sampaikan secara menarik untuk anda semua.

1. Rasa Sakit

Tentunya rasa sakit saat sakit gigi sampai ke kepala dan mata bisa anda rasakan. Bagian yang terasa sakit tentunya tidak hanya gigi anda tetapi kepala dan mata anda ikut terasa sakit. Biasanya rasa sakit pada kepala seperti tertusuk atau pusing yang tak tertahankan. Sedangkan pada mata rasa sakit yang ditimbulkan hampir sama seperti sakit pada gigi dan kepala.

2. Pembengkakan Gigi

Pembengkakan gigi bisa terjadi pada saat anda mengalami sakit gigi. Pembengkakan ini adalah bentuk respon gigi karena kuman yang ada dalam gigi sudah dalam kondisi yang cukup banyak sehingga menimbulkan bengkak.

3. Kesulitan Makan dan Minum

Saat sakit gigi sampai ke kepala dan mata, kesulitan makan dan minum akan anda rasakan. Oleh karena itu saat anda sedang makan atau minum pastikan makanan yang dikonsumsi mudah untuk ditelan atau anda bisa berhenti sejenak untuk meredakan rasa sakit yang anda alami.

Sponsors Link

4. Muncul Masalah Gigi dan Mulut Lainnya

Efek samping dari sakit gigi sampai ke kepala dan mata tentunya akan menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya. Masalah gigi dan mulut lainnya bisa saja terjadi ketika anda hanya melakukan pencegahan di awal saja. Jika masalah ini bisa sering terjadi dan berlanjut pada sebagian orang. Oleh karena itu, segera hubungi dokter yang bersangkutan untuk mencegah kemungkinan masalah lain terjadi.

ads

Pencegahan Sakit Gigi Sampai Ke Kepala dan Mata

Wah, ternyata penyebab dan efek samping dari sakit gigi sampai ke kepala dan mata bisa berakibat fatal bila tidak ditangani segera. Untuk mencegah maupun mengurangi adanya kemungkinan yang terjadi dari penyebab dan efek samping dari sakit gigi sampai ke kepala dan mata ada baiknya perlu anda ketahui. Ini dia, ada cara yang mudah, tentunya praktis dan efektif yang bisa anda lakukan berikut ini.

1. Jaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi

Kebersihan dan kesehatan gigi perlu dijaga oleh setiap orang agar gigi tetap sehat, kuat dan bersih. Pastikan anda memilih perawatan kebersihan gigi yang tepat karena tidak semua orang memiliki perawatan gigi yang sama. Perlunya melakukan perawatan kebersihan sesuai anjuran pakar gigi dimulai sejak dini.

2. Tambal Gigi Berlubang

Jika sakit gigi sampai ke kepala dan mata memang berpusat pada gigi, pastikan gigi anda yang berlubang ditambal. Hal ini untuk mencegah kemungkinan kerusakan gigi berlubang agar tidak menyerang sampai ujung akar gigi. Lokasi ujung akar gigi sangat berdekatan dengan syaraf dan pembuluh darah. Dengan menambal gigi untuk mencegah efek samping dari gigi berlubang. Diharapkan bakteri pada gigi berlubang tidak meyebar ke area tersebut.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Saat sakit gigi sampai ke kepala dan mata terjadi, pastikan bagian mana yang lebih sakit. Setelah anda mengetahui rasa sakit berpusat dimana ada baiknya anda mengkonsumsi obat pereda nyeri. Misalnya paracetamaol atau ibuprofen. Dosis yang anda gunakan harus sesuai dan jangan berlebihan. Kalau anda belum mengetahui pastikan baca aturan pakai atau menanyakan kepada apoteker agar dosis yang anda gunakan tepat.

4. Periksa ke Dokter Spesialis

Pemeriksaan ke dokter spesialis sangat diperlukan karena anda mengalami beberapa gejala nyeri pada area yang berbeda. Saat anda sakit gigi sampai ke kepala dan mata, tentunya area yang sakit adalah gigi, kepala dan mata anda. Sebaiknya dokter spesialis yang anda datangi adalah dokter spesialis gigi, dokter THT dan dokter spesialis saraf. Jangan lupa menanyakan kepada dokter yang anda datang apakah ada keterkaitan antara sakit yang anda rasakan dengan organ tubuh anda yang lain dan penanganan yang tepat untuk mencegah dan mengurangi masalah tersebut.

5. Rutin Olahraga

Rutin olahraga bisa menguatkan kesehatan tubuh dan tulang anda. Kegiatan ini dianggap bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya sakit kepala karena aliran darah anda terstimulasi dengan baik melakukan beberapa gerakan-gerakan pada saat berolahraga.

Sponsors Link

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup tidak harus selalu dengan tidur. Anda bisa melakukannya dengan mengurangi aktivitas yang terlalu berat. Apabila sakit gigi sampai ke kepala dan mata terjadi, anda tidak harus melakukan aktivitas yang terlalu berat karena bisa menyebabkan sakit atau nyeri yang anda rasakan mungkin bertambah.

7. Konsumsi Produk Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat dan bergizi bisa membantu menjaga kesehatan anda, salah satunya kesehatan gigi. Dengan memilih beberapa makanan yang menyehatkan gigi dan menghindari makanan yang menyebabkan gigi rusak bisa mengatasi masalah gigi dan mulut anda.

Setelah anda semua mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengurangi penyebab dari sakit gigi sampai ke kepala dan mata pastinya anda bisa terhindar dari efek samping sakit gigi sampai ke kepala dan mata. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh anda agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi