Sponsors Link

Apakah Benar Sakit Gigi Tanda Sinusitis?

Sponsors Link


Sakit Gigi Tanda Sinusitis Penyebab sakit gigi kambuh bisa terjadi dengan beragam dari mulai rasa nyeri ringan sampai berdenyut sampai berpengaruh pada seluruh sisi wajah anda. Ada begitu banyak penyebab sakit gigi seperti pembusukan gigi, penyakit gusi atau kondisi lain pada mulut. Namun, alasan yang lebih jarang diketahui namun tidak jarang adalah sakit gigi tanda sinusitis.

ads

Jika anda baru saja pulih dari sakit kepala atau anda menderita sinusitis kronis dan anda sudah melihat jika anda memiliki gigi yang menyakitkan, maka ada tes yang bisa anda lakukan yang bisa menunjukkan jika menunjukkan apakah ini disebabkan oleh sinusitis atau tidak.

Ketika anda melakukan gerakan kepala seperti memiringkan dengan membungkuk atau gerakan berjalan naik dan turun kemudian anda merasakan sakit gigi yang semakin buruk, maka sakit gigi anda mungkin terjadi karena akibat langsung dari infeksi sinus.

Infeksi sinus atau sinusitis umumnya dikenal sebagai peradangan pada sinus hidung. Sinusitis umumnya disebabkan karena oilek atau flu yang diakibatkan karena virus atau bakteri yang bermigrasi ke sinus yang menyebabkan infeksi bakteri yang lebih menyakitkan dan persisten.

Sinus di tulang pipi yang biasanya paling sering terkena terkandung di rahang atas, sehingga ketika infeksi sinus terjadi, tekanan yang dihasilkan dari peradangan bisa menyebabkan anda merasakan sakit pada gigi anda.

Sinusitis juga jarang bisa terjadi karena gigi yang sakit menyebarkan infeksi ke sinus. Untuk itu, diagnosis yang tepat dari dokter gigi lokal anda dibutuhkan untuk menentukan apakah kerusakan gigi menjadi penyebabnya. Sesudah sinusitis dikonfirmasi, anda bisa mengobati dan menangani rasa sakit tersebut.

Perawatan dan Penatalaksanaan Sinusitis

Jika anda merasa sakit gigi namun mencurigai sinusitis, maka sangat penting untuk mencoba dan menyelesaikan infeksi sebaik mungkin. Jika infeksi sinus sembuh dan sakit gigi masih terasa, maka sudah waktunya anda kembali ke dokter gigi untuk diperiksa.

Bergantung dari tingkat keparahan infeksi, ada berbagai perawatan untuk menyembuhkan dan mengelola sinusitis. Obat obatan yang dijual bebas, obat resep dan terapi alami bisa membantu dalam mengelola gejala sinusitis dan pengobatan infeksi.

1. Terapi Alami

Hidrasi: Minum banyak air bisa membantu menjaga membran tetap terhidrasi dan mengencerkan lendiri. Diet seimbang dan banyak istirahat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan anda dan pulih dari penyakit namun bukan untuk obat pereda sakit gigi berlubang.

Kain wajah hangat: Oleskan kain lembab hangat di atas hidung dan area mata anda selama 10 sampai 20 menit beberapa kali sehari yang bisa meringankan rasa sakit sinus yang juga menjadi cara baik untuk mengatasi penyebab sakit gigi saat puasa.

Semprotan hidung saline: Semprotan atau tetes air asin tersedia di apotek yang bisa membantu meredakan hidung tersumbat dan membuka hidung dengan mengairi rongga sinus.

Herbal: Beberapa herbal bisa membantu meringankan sakit gigi sinus. Bawang putih merupakan pemberantas bakteri alami, cengkeh bisa meredakan rasa sakit, kunyit yang dikenal sebagai ramuan anti bakteri dan anti inflamasi serta jahe sebagai agen anti inflamasi dan pereda nyeri yang semuanya bisa melawan infeksi yang mendasari dan menghilangkan rasa sakit yang disebabkan karena sinus dan anda juga bisa menggunakan manfaat minyak kelapa untuk gigi.

2. Obat Bebas

Analgesik: Obat obatan yang bisa meringankan rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen bisa membantu mengurangi demam yang mungkin berhubungan dengan sinusitis. Ibuprofen merupakan anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan di rongga sinus. Jika memang rasa sakit sangat kuat, maka obat penghilang rasa sakit dengan kodein mungkin dibutuhkan.

Dekongestan: Semprotan hidung, tetes atau tablet yang bisa meredakan hidung tersumbat bekerja dengan membatasi aliran darah ke rongga sinus yang menyebabkan sinus menyusut sekaligus mengatasi sakit gigi sampai ke kepala dan mata.

Antihitamin: Mungkin akan dibutuhkan jika alergi diduga sebagai penyebab sinusitis. Jika anda menderita sinusitis dan alergi, mengendalikan alergi bisa membantu meredakan gejala sinusitis.

Sponsors Link

3. Obat Resep

Antibiotik: Antibiotik untuk sakit gigi hanya diresepkan apabila infeksi bakteri menjadi penyebab sinusitis. Namun kebanyakan orang dengan sinusitis akut akan membaik dalam 2 minggu tanpa perlu antibiotik.

Steroid: Resep steroid nasal spray bisa membantu untuk mencegah infeksi sinus. Obat obatan tersebut direkomendasikan jika anda menderita alergi hidung seperti hay fever serta sinusitis yang bisa mengurangi pembengkakan di sekitar sinus yang menyebabkan drainase hidung.

Pemeriksaan gigi lengkap setiap 6 bulan sekali akan mengesampingkan masalah gigi yang mendasari dari penyebab sakit gigi yang anda rasakan selain itu, hindari juga makanan penyebab sakit gigi agar tidak bertambah parah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini