Sponsors Link

Sakit Gusi Pertanda Awal Kanker – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Kebersihan gigi dan rongga mulut adalah hal yang seharusnya sangat kita perhatikan, berhubung karena banyak penyakit yang datang berasal dari ketidak pedulian kita dalam menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut.

ads

Rongga mulut meliputi lidah, gigi dan gusi, apabila salah satu mengalami masalah, maka yang lain akan sulit melakukan tugasnya. Dampak dari semua itu akan menyebar luas sampai kepada kesehatan bagian tubuh yang lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sakit gusi sebagai pertanda awal dari kanker.

Berikut ini beberapa gejala, penyebab dan pengobatan dari sakit gusi:

  1. Gusi Sering Berdarah

Terjadinya pendarahan pada gusi yang terus – menerus dan tak sembuh – sembuh adalah hal yang harus di waspadai. Gusi menjadi sangat sensitif dan apabila kita menyentuhnya sedikit saja gusi langsung mengeluarkan darah. Selain sensitif, fungsi gusi dalam menopang gigi akan menjadi kurang kuat, hal ini dapat menyebabkan gigi copot atau tanggal.

  1. Gusi Meradang

Gingivitis atau radang gusi yaitu terjadinya peradangan pada gusi yang di tandai dengan gejala – gejala seperti perubahan warna gusi menjadi merah tua, gusi membengkak, bau mulut yang sangat keras, mudah berdarah.

  1. Benjolan atau Bintik Kasar pada Gusi

Benjolan pada gusi bawah maupun gusi atas dapat dicurigai sebagai tumor, sebaiknya jangan anda abaikan. Apalagi jika benjolan ini menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa sakit, atau bahkan tumbuh membesar. Segeralah periksakan ke dokter apakah itu tumor jinak atau bisa jadi itu adalah tumor ganas yang merupakan pertanda awal kanker.

  1. Sariawan atau Luka pada Gusi yang tak Sembuh – sembuh

Luka pada gusi yang di sebabkan oleh gesekan yang terjadi pada saat menggosok gigi, luka pada saat mencongkel gigi dengan tusuk gigi, luka kerena kecelakaan, dan lain – lain. Apabila tidak segera diobati maka akan menjadi luka yang berkepanjangan, karena mengakibatkan masuknya bakteri ke dalam luka yang lama – kelamaan dapat menjadi salah satu pemicu munculnya kanker.

  1. Periodontitis

Periodontiti adalah infeksi pada gusi yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Hal ini tidak dapat dibiarkan karena dapat mengakibatkan gigi tanggal. Selain itu jika infeksi ini dibiarkan maka bakteri yang ada pada infeksi akan menyerang bagian tubuh lainnya dengan cara masuk melalui aliran darah. Periodontitis dapat menjadi salah satu tanda awal kanker gusi.

Kebanyakan penyebab dari sakit gusi dikarenakan faktor kurang menjaga kebersihan, namun demikian beberapa faktor lain juga dapat menjadi penyebabnya.

Sponsors Link

Penyebab sakit gusi:

  • Kurang menjaga kebersihan

Hal ini merupakan faktor yang paling besar penyebab terjadinya penyakit pada gusi. Tidak faham bagaimana cara menyikat gigi dengan benar, dan mengabaikan kebersihan rongga mulut, menyebabkan banyak sisa – sisa makanan menumpuk yang menjadi pemicu timbulnya plak penyebab karang gigi hitam.

  • Makanan dan minuman

Mengkonsumsi makanan yang manis – manis atau banyak mengandung gula dan karbohidrat juga menjadi salah satu penyebab sakit gusi. Selain itu makanan yang keras, yang dapat melukai gusi, makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin juga tidak baik untuk dikonsumsi. Kebiasaan minum alkohol dapat merusak gusi, gigi, dan organ tubuh yang lainnya.

  • Kebiasaan Merokok, mengkonsumsi tembakau, obat – obatan, diet yang salah, kurang olah raga dan inveksi HIV dapat menjadi pemicu munculnya sel – sel kanker di dalam tubuh.

Tak hanya menjadi penyebab timbulnya kanker mulut, penyakit pada gusi juga dapat menjadi penyebab timbulnya kanker yang lain. Seperti penyataan yang buat oleh Imperial College London Inggris, berdasarkan penelitian yang mereka lakukan bahwasannya penyakit gusi dapat menjadi pemicu munculnya penyakit kanker mulut, kanker paru, kanker ginjal, kanker darah, kanker pancreas.

Sponsors Link

Pengobatan yang dilakukan

  • Mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka dari itu mulailah lebih serius menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut, hindarilah kebiasaan – kebiasaan buruk, dan hindari makanan – makanan yang menjadi penyebab munculnya penyakit gusi di atas.
  • Jika sudah terdapat gejala atau tanda – tanda telah ada penyakit pada gusi, segeralah mengunjungi dokter anda. Dokter dapat mendiagnosa, menyarankan, merawat dan mengambil tindakan yang tepat sehingga penyakit pada gusi tidak sampai tumbuh menjadi kanker yang lebih berbahaya.
  • Jika pada penyakit gusi telah muncul sel – sel kanker, maka pembedahan adalah salah satu jalan keluar untuk menyembuhkannya.

Sakit gusi pertanda awal kanker merupakan hal yang sangat mungkin terjadi, seperti pernyataan yang dinyatakan oleh pimpinan riset Dr Dominique Michaud. Beliau mengatakan bahwa kemungkinan penyakit gusi yang sudah lama diderita akan memicu perubahan terhadap sistim kekebalan tubuh yang justru membantu bertumbuhnya sel – sel kanker, begitu juga dengan bakteri dari dalam gusi yang langsung tertelan dapat menyebabkan kanker dalam jaringan mulut atau kerongkongan.

Demikianlah artikel singkat tentang sakit gusi yang menjadi gejala awal kanker mulut yang terjadi, semoga dapat bermanfaat dengan menambah wawasan dan membantu mengatasi rasa kekhawatiran dalam diri anda. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda dan nantikan artikel – artikel informatif lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut dari Halogigi.com.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini