Sponsors Link

2 Penyebab  Sakit Kepala Sesudah Cabut Gigi dan 8 Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebagian orang bisa saja mengalami sakit kepala sesudah cabut gigi dengan jenis sakit kepala yang beragam mulai dari ringan hingga tak tertahankan dan tidak mereda. Namun tidak semua orang merasakan hal yang sama sesudah cabut gigi dan jika sakit kepala memang yang anda rasakan sesudah cabut gigi, maka menandakan adanya gangguan yang terjadi sesudah proses tersebut sebab sebenarnya prosedur cabut gigi tidak langsung menyebabkan sakit kepala namun sebenarnya ada banyak manfaat cabut gigi berlubang sehingga memang harus dilakukan. Lalu, apa saja sebenarnya yang bisa menyebabkan sakit kepala sesudah cabut gigi?.

ads
  1. Otot Wajah Menegang

Otot yang ada di sekitar wajah, mulut, leher dan juga kepala merupakan otot yang sama. Apabila ada salah satu otot yang menegang, maka ini juga akan berpengaruh pada otot lain termasuk otot kepala. Ketika proses cabut gigi dilakukan, maka secara tidak sadar otot yang ada di rahang dan mulut jadi menegang yang kemudian menyebabkan kram.

Ini kemudian akan berpengaruh pada otot kepala sehingga sakit kepala sesudah cabut gigi bisa terjadi yang kemungkinan juga disertai dengan sakit atau pegal di area rahang. Rasa tegang tersebut bisa bertambah parah jika anda memang takut dengan cabut gigi. Rasa takut bisa membuat otot di sekitar mulut dan wajah semakin tegang. Untuk itu, usahakan sebisa mungkin agar bisa percaya sepenuhnya pada dokter ketika proses tersebut dilakukan dan hindari mencabut gigi sendiri sebab banyak bahaya mencabut gigi sembarangan.

  1. Gangguan Saraf

Ketika cabut gigi, gangguan saraf juga mungkin terjadi dimana sensasi kebas atau baal di gigi, lidah, gusi dan sakit kepala menjadi gejala yang dialami yang menjadi efek samping cabut gigi depan atas. Kondisi tersebut bisa terjadi dalam beberapa hari hingga beberapa minggu sesudah cabut gigi meski kondisi tersebut memang jarang terjadi.

Penanganan Sakit Kepala Sesudah Cabut Gigi

Sakit kepala yang dirasakan sebenarnya juga bisa disebabkan karena kondisi lain dan tidak selalu disebabkan karena masalah gigi dan mulut. Untuk itulah memeriksakan diri ke dokter menjadi langkah terbaik untuk mengetahui apa penyebab dari gejala tersebut. Namun untuk mengatasi sakit kepala dan rasa sakit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Untuk mengatasi rasa sakit, anda bisa menggunakan obat penghilang sakit untuk sementara waktu seperti paracetamol atau ibuprofen yang juga menjadi obat untuk abses gigi.
  • Memberikan pijatan lembut pada area leher dan kepala juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit secara cepat sebab pijatan bisa memperlancar aliran darah sehingga mengurangi rasa sakit.
  • Kompres dengan kain panas atau sesuatu yang dingin bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit sekaligus meredakan sakit kepala selain bisa digunakan sebagai obat alami gigi berlubang dan berdarah.
  • Sebisa mungkin, hindari juga stres berlebihan agar sakit kepala bisa mereda khususnya 24 jam sesudah cabut gigi dilakukan agar komplikasi juga tidak terjadi. 
    Sponsors Link

Selain beberapa perawatan setelah cabut gigi diatas, masih ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi sesudah cabut gigi, seperti:

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak cengkeh memiliki sifat anestesi dan analgesik yang bisa mengurangi sakit kepala sesudah sakit gigi. Celupkan kapas dalam minyak cengkeh dan tempelkan pada area gigi yang sakit selama 1 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Kumur Dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam 24 jam sesudah cabut gigi juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit karena bengkak dan mencegah infeksi. 

Sponsors Link

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik alami sehingga bisa digunakan dengan cara mencelupkan kapas dalam air lalu berikan 2 tetes minyak pohon teh dan tekan lembut di area bekas cabut gigi selama 5 menit kemudian kumur dengan air hangat.

  1. Kantong Teh Hitam

Kantong teh hitam selain untuk obat gigi berlubang juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena sakit gigi karena kandungan asam tanat yang memiliki sifat antibiotik alami. Celupkan kantong teh dalam air panas dan tunggu 5 menit lalu peras kelebihan airnya. Diamkan dalam lemari es selama 15 menit dan tempelkan pada bekas cabut gigi selama 10 menit dan gunakan air teh hitam untuk berkumur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini