Sponsors Link

Sariawan di Lidah : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sponsors Link

Ada banyak jenis permasalahan mulut baik pada anak maupun pada orang dewasa. Salah satu yang sering terasa adalah sariawan. Sariawan bisa terjadi di bagian mana saja dari rongga mulut. Bisa terjadi pada gusi, bagian dalam pipi, hingga di lidah. Salah satu yang sering adalah sariawan di lidah. Walau tidak berbahaya, pasti rasanya akan sangat mengganggu. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai sariawan yang menyerang lidah.

ads

Gejala

Gejala dari sariawan yang bersarang di lidah memang sangat mudah untuk dirasakan. Berikut beberapa gejala sariawan yang terjadi di lidah yang sering dialami.

  • Rasa sakit atau tidak nyaman pada lidah
  • Beberapa orang mungkin merasakan sensasi panas atau terbakar di lidahnya
  • Rasa tidak nyaman saat makan atau berbicara
  • Muncul luka sariawan di area lidah dan sekitarnya yang bisa berwarna kemerahan atau putih
  • Posisi sariawan bisa di ujung, samping, atas, maupun bawah lidah

Itulah beberapa gejala sariawan yang umum terjadi di lidah.

Penyebab

Ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi Penyebab Sariawan di lidah. Salah satu faktor penyebab munculnya sariawan yang berada di lidah adalah cedera. Dan beberapa hal yang bisa menyebabkan cedera antara lain sebagai berikut.

  • Tidak sengaja tergigit ketika makan atau berbicara
  • Makan makanan atau minuman yang terlalu panas hingga menyebabkan luka di permukaan lidah
  • Lidah tertusuk duri atau tusuk gigi secara tidak sengaja
  • Menyikat gigi terlalu keras pada lidah

Itulah beberapa contoh penyebab luka atau cedera pada lidah. Cedera pada lidah ini bisa menjadi ruang tinggal bakteri sehingga akan muncul iritasi atau infeksi yang menjadi sariawan di kemudian hari.

Selain faktor cedera, sariawan pada area lidah juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu jenis jamur yang sering menjadi penyebab masalah mulut adalah Candida albicana. Jamur ini akan membentuk lapisan di permukaan lidah yang membuat lidah menjadi berwarna putih. Ada yang membentuk kumpulan-kumpulan seperti pulau, ada juga yang membentuk bentuk yang memanjang. Infeksi jamur ini bisa menyebabkan sariawan yang muncul di lidah, gusi, dan juga bagian belakang tenggorokan.

Ada juga sariawan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Seperti yang diketahui bersama, ada banyak jenis bakteri yang berada di rongga mulut. Dan tubuh tentu memiliki respon yang berbeda-beda akan keberadaan bakteri di atas. Jika tubuh responnya terlalu berlebihan terhadap beberapa jenis bakteri, maka sariawan bisa terjadi di lidah.

Sponsors Link

Sensitif terhadap satu atau beberapa jenis bahan kimia juga bisa menjadi salah satu penyebab sariawan di lidah. Ada banyak merk dan jenis dari pasta gigi serta obat kumur. Anda yang baru saja mengganti merk atau jenis pasta gigi serta obat kumur, lalu mendapati sering terserang sariawan, bisa jadi penyebabnya adalah sensitifitas terhadap salah satu zat kimia di pasta gigi atau obat kumur yang baru.

Itulah beberapa penyebab sariawan yang bersarang di lidah.

Pengobatan di Rumah

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa sariawan di lidah adalah salah satu masalah mulut yang bisa diatasi sendiri di rumah dengan cara-cara sederhana. Sehingga kecil kemungkinan kita perlu pergi ke dokter. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan sariawan yang bersarang di lidah antara lain sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari. Tujuannya adalah untuk menjaga luka agar tetap bersig. Dengan demikian, aktivitas dan perkembangbiakan bakteri bisa diminimalisir sehingga sariawan bisa lebih cepat sembuh.
  • Anda bisa juga berkumur dengan air garam. Manfaat Garam Untuk Gigi dan gusi bisa membantu mengusir bakteri. Lakukan kumur dengan larutan garam hangat.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, terutama yang banyak mengandung vitamin C, yang mana vitamin C itu sendiri adalah salah satu nutrisi yang bisa membantu mempercepat sembuhnya sariawan di rongga mulut, termasuk di lidah.
  • Jika sariawan terasa sakit, maka mengonsumsi minuman dingin akan membantu menenangkan rasa sakitnya. Atau, Anda bisa mengulum es batu di daerah yang terasa sakit sebagai upaya untuk mengompres sariawan.
  • Jika penyebab sariawan adalah infeksi jamur, maka konsultasilah ke dokter untuk mendapatkan Obat Sariawan di Lidah atau obat antijamur yang sesuai dengan penyebab sariawan itu sendiri.
  • Anda juga bisa memanfaatkan kantung teh celup yang sudah digunakan sebagai salah satu Cara Mengobati Sariawan. Hal ini dikarenakan daun teh bisa membantu melawan peradangan dan infeksi di dalam rongga mulut. Sehingga bisa membantu mengurangi gejala sariawan. Tempelkan pada area yang sakit kurang lebih 5 menit dan ulangi beberapa kali.

Kapan Perlu ke Dokter?

Walau sariawan yang menyerang lidah bukan merupakan penyakit berbahaya, akan tetapi perlu diwaspadai jika muncul gejala-gejala sebagai berikut.

  • Sariawan yang tidak kunjung sembuh atau sariawan berulang (sering) dalam waktu yang berdekatan
  • Luka sariawan semakin meluas dan semakin parah
  • Muncul rasa sakit yang sangat hebat dan tidak kunjung sembuh, bahkan setelah minum obat pereda rasa sakit
  • Muncul demam tinggi akibat sariawan
  • Nafas berbau tidak sedap
  • Kesulitan untuk makan dan menelan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sariawan di lidah yang perlu diketahui. Ketahui juga penjelasan mengenai Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Mulut