Sponsors Link

Sebab Larangan Merokok Setelah Cabut Gigi, Yuk Simak!

Sponsors Link

Seperti yang sudah sobat semua ketahui, bahwasanya pasca atau setekah sesaat mencabut gigi tentunya dokter akan memberitahukan hal –  hal apa yang bisa dilakukan atau tidak bisa oleh si pasien sakit gigi tersebut.

ads

Hal ini tentunya penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh pasien sakit gigi tersebut agar proses penyembuhan dan pengeringan luka bisa cepat selesai. Jika tidak dituruti, tentunya akan berpotensi membuat masalah yang lain nantinya dalam mulut anda secara keseluruhan.

Salah satu jenis larangan yang biasanya diberikan oleh dokter kepada pasiennya yang baru saja mencabut gigi adalah seperti larangan merokok. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersma sobat, rokok ini cukup banyak berpengaruh buruk pada kesehatan gigi anda, terutama pada saat seseorang baru saja selesai melakukan pencabutan gigi. Untuk ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut, beriktut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

1.Mengapa Merokok Dilarang Sesaat Setelah Mencabut Gigi

Merokok sesaat setelah mencabut gigi memang tidak diperbolehkan karena bisa menghambat proses penyembuhan luka bekas pencabutan gigi tersebut untuk beberapa hari ke depan. kenapa perokok merasa mulut asam dan pahit kalau tidak merokok bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Hal ini dikarenakan gumpalan darah sesudah mencabut gigi tersebut akan mulai terbentuk dalm socket atau rongga gigi yang sudah dicabut tersebut. Gumpalan darah tersebut berguna sebagai bantalan pelindung tulang pipi dan ujung syaraf yang terbuka.

Selain itu, gumpalan darah ini juga berfungsi untuk pondasi atau penyangga pertumbuhan tulang serta jaringan lunak yang nantinya akan tumbuh. Jika bantalan atau pondasi tersebut rusak, maka bukan hanya memperlambat penyembuhan luka tersebut, namun juga mengundang resiko atau bahaya kesehatan gigi dan mulut yang lainnya.

2. Resiko Merokok Sesudah Mencabut Gigi

Pada saat anda mengabaikan arahan dari dokter untuk tidak merokok pasca cabut gigi namun anda tetap melanggarnya, maka anda harus bersedia menghadapi resko seperti tensi darah naik, bahkan di hisapan pertama pun. hubungan merokok dan sariawan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Meningkatnya tekanan darah tersebut bisa menyebabkan resoko pembekuan darah yang akan mengenceran bekuan darah yang seyogianya menjadi penyangga gigi anda tersebut. 

Selain itu sobat, pada saat anda menghisap rokok tersebut, itu artinya asap yang mengandung zat nikotin yang berbahaya tersebut akan terkena ke luka bekas pencabutan gigi tersebut.

Setelah itu, pembuluh darah akan mengalirkan kuman atau bakteri tersebut ke bagian tubuh anda yang lainnya sehingga bisa mengakibatkan potensi yang lebih fatal lainnya pada kesehata anda secara keseluruhan.

3. Larangan Lainnya

Adapun larangan lainnya yang harus anda turuti adalah seperti makanan dan minuman yang anda konsumsi. Usahakan anda tidak mengonsumsi makanan yang keras, memiliki rasa yang tajam karena hal ini akan membuat gigi anda merasa sensitif. Selain itu sobat, minuman yang terlalu dingin, minuman bersoda dan alkohol tidak baik untuk anda pada saat setelah melakukan pencabutan gigi.

Sponsors Link

Kesehatan dan kebersihan mulut adalah sesuatu yang mutlak yang harus anda lakukan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya yang lebih menarik tentunya. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi