Sponsors Link

Sebab Nyeri Gigi Saat Cuaca Dingin

Sponsors Link

Rasa sakit atau nyeri yang dipicu udara dingin dapat dirasakan sebagian orang di daerah tertentu yang sensitif. Salah satunya daerah rahang, yang dijelaskan dr Manny dari Foxnews. Menurutnya, hal pertama yang harus dicurigai saat rahang nyeri karena kedinginan adalah memeriksakan gigi. Gigi berlubang dapat menjadi penyebab dari rasa sakit di rahang. Namun demikian, cuaca dapat memiliki efek pada tubuh Anda tanpa bisa diduga.

ads
  • Perubahan tekanan udara

Penelitian telah menunjukkan bahwa, perubahan tekanan udara yang sering menyertai penurunan suhu dapat memicu nyeri seperti penyakit gigi barodontalgia dengan menyebabkan kantong udara di seluruh tubuh Anda untuk melebar dan/atau menyusut, memberikan tekanan pada saraf.

  • Gangguan sendi

Gangguan sendi temporomandibular juga sering terjadi pada wanita dewasa. Gejalanya bisa berupa sakit telinga, sakit kepala, sakit saat mengunyah, kesulitan membuka mulut, suara klik pada sendi rahang.

  • Berhubungan dengan rahang

Menggigil saat cuaca dingin dapat menyebabkan otot-otot di rahang Anda mengerut atau mengejang terlebih jika terdapat pengeroposan tulang rahang akibat perawatan gigi dan mulut yang salah. Ini juga dapat menyebabkan sakit. Selalu berbicara dengan dokter Anda untuk menentukan perawatan terbaik berdasarkan kondisi Anda.

  • Cara mengatasinya

Jika anda mengalami sakit atau nyeri pada suhu Dingin, Minumlah Air Putih Hangat. Jangan pakai buat kumur, cukup didiamkan saja sampai beberapa menit dimulut. Setelah beberapa menit boleh diulangi lagi sampai rasa nyeri benar-benar reda. Apabila rasa nyeri masih tak kunjung reda, kira-kira setengah jam, gantilah air dingin atau air es (jangan manis). Caranya seperti tadi cukup didiamkan saja sampai rasa nyeri benar-benar hilang.

1. Bawang Putih

Bawang putih atau cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati sakit gigi

dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

2. Air Garam

Air garam juga dapat mengatasi sakit pada gigi yang disertai dengan pembengkakan pada gusi. Bahan yang harus disiapkan hanya lah garam dapur dan air putih hangat. Campurkan 1gelas air hangat dengan 1 sendok makan garam dapur.

Cara mengobati sakit gigi dengan air garam yaitu menggunakan air garam untuk berkumur. Lakukan lah ketika pada malam hari menjelang tidur. Tentu rasa sakit Anda akan berangsur-angsur menghilang jika dilakukan sesering mungkin.

Sponsors Link

3. Bunga Cengkeh

Selain minyaknya, bunga cengkeh juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat dengan cara ini, cukup mudah yaitu dengan mengambil segenggam bunga cengkeh yang kering kemudian tumbuk

hingga menjadi bubuk. Oleskan pada gigi yang sakit dengan tambahan sedikit air garam. Jika Anda sakit giginya disebabkan oleh gigi berlubang maka bisa menggunakan kapas yang dicelupkan pada bubuk cengkeh yang dicampur sedikit air, kemudian dimasukkan pada lubang gigi tersebut.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini