Sponsors Link

Sebab Sakit Gigi Berkepanjangan Setelah Melahirkan

Sponsors Link

Sakit gigi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut yang menyertainya bisa membuat si penderita kewalahan. Bahkan, bisa mempengaruhi mood atau suasana hati.

ads

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu. Sering kali nyeri sakit gigi terasa memburuk ketika penderita makan atau minum (terutama makanan atau minuman yang panas atau dingin) dan ketika penderita berbaring di malam hari.

Ketika terjadi sakit gigi, daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi akan ikut terasa nyeri dan teraba lunak. Kadang-kadang sumber nyeri sulit dibedakan. Contohnya adalah nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus (rongga udara di belakang tulang pipi dan dahi) pada kasus infeksi geraham atas.

Penyebab Sakit Gigi

Di dalam gigi terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
  • Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
  • Penyusutan gusi.
  • gigi retak dan ngilu.
  • Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).

Berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak pada ibu menyusui atau setelah melahirkan:

1. Anda bisa mencoba menggunakan air garam yang berasal dari campuran garam dan air.

hangat, air garam ini bisa Anda aplikasikan sebagai obat kumur tiap hari. Air garam ini bisa memberikan efek mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi yang menyerang. Anda bisa menggunakannya sebanyak 3 kali dalam sehari secara teratur. Obat antiseptik ini sangat aman digunakan karena tidak memiliki efek samping dan aman digunakan.

2. Anda bisa menggunakan kompresan air hangat di bagian pipi akibat rasa sakit yang

ditimbulkan dari gusi yang bengkak. Selain air hangat, Anda juga bisa memakai kompresan air dingin sesuai keinginan Anda. Dengan cara ini, maka akan mengurangi terjadinya pembengkakan pada pipi akibat sakit gigi yang dirasakan.

3. Anda juga bisa menggunakan bawang putih yang ditaburi dengan sedikit garam, setelah

itu kunyah di area gigi yang sakit. Selain bawang putih, Anda juga bisa mencobanya dengan menggunakan bawang merah dengan cara yang sama. Selain kedua bahan alami tadi, Anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak cengkeh.

Caranya cukup mengoleskan minyak dengan kapas pada area gigi Anda yang sedang sakit. Obat sakit gigi untuk ibu menyusui lainnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang cukup diaplikasikan pada area gigi yang sakit sedikit. Anda juga bisa memaksimalkan manfaat air perasan jeruk nipis hangat bagi gigi dan mulut ya sobat.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai Kenali gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter jika diperlukan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi