Sponsors Link

Sebab Sakit Gigi Terasa Hingga ke Leher dan Telinga

Sponsors Link

Keluhan pada rongga mulut yang paling sering kita rasakan adalah ketika gigi kita sedang bermasalah. Mulai dari gigi berlubang hingga gigi bungsu yang tumbuh dalam gusi dan harus dicabut. Tentu rasa sakit yang kita alami akan membuat kita sulit untuk beraktivitas. Terutama karena ketika sakit gigi melanda kita juga merasakan nyeri pada bagian tubuh lainnya. Mulai dari mata, leher, pundak, kepala dan juga telinga.

ads

Drg. Imelda Sari dari Rumah Sakit Husada Jakarta menjelaskan, sakit yang dirasakan di kepala, pundak, leher dan mata memang sering sekali terjadi jika mengalami sakit gigi. Hal ini terjadi karena saraf pada gigi juga terhubung dengan beberapa saraf di kepala, yang efeknya mengganggu bagian atau organ tubuh yang lain.

“Karena gigi dipersatukan oleh saraf neuve trigeminal yang terhubung ke bagian mata, rahang atas, rahang bawah. Itu sebabnya kalau sedang sakit gigi, bagian lain di kepala juga jadi tidak enak. Misalnya, kepala pusing,”. Biasanya, rasa sakit yang berlebihan hingga menyebabkan nyeri di kepala terus-menerus bukan sakit gigi yang ringan. Tak jarang hal ini diakibatkan adanya lubang pada gigi yang cukup besar.

“Kalau cuma sakit gigi yang ringan, lubang yang enggak terlalu besar sakit kepala tidak terlalu parah. Tapi, kalau sudah infeksi, kepala akan terasa sangat nyeri.” Begitu pula yang terjadi pada gigi bungsu yang seringkali baru tumbuh di usia dewasa, rasa nyeri yang mendera kepala bisa lebih menyakitkan.

“Kalau tumbuhnya tidak benar atau terhalang dan gigi bungsu tidak bisa keluar efeknya lebih sakit lagi. Kepala nyeri karena saraf yang terhubung tadi. Pada beberapa pasien ada juga yang sampai tidak bisa buka mulut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala sakit gigi:

  • Rajin menyikat gigi dan membersihkan sela gigi dengan dental floss atau benang gigi. Ingat selalu pentingnya menggosok gigi bagi kesehatan anda.
  • Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu manis, terlalu asam.
  • Hindari makanan yang terlalu keras.
  • Hindari mengunyah menggunakan gigi yang sakit.
  • Berkumur dengan air garam hangat.
  • Mengompres pipi dengan kompres dingin di daerah gigi yang sakit.
  • Menggunakan obat antinyeri topikal misalnya salep atau obat semprot yang mengandung benzocain pada daerah gusi yang sakit.
  • Minum obat antinyeri dan antiradang seperti ibuprofen.

Hal di atas dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri, namun bila penyebab sakit gigi tidak diatasi, kemungkinan besar nyeri akan berulang kembali. Untuk itu, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk dilakukan penanganan yang sesuai untuk gigi anda. Berikut ini adalah hal-hal yang membuat anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter gigi:

  • Nyeri terjadi terus menerus, lebih dari 2 hari
  • Nyeri sangat hebat hingga mengganggu aktivitas dan mengganggu tidur
  • Terjadi demam, nyeri pada telinga, nyeri saat membuka mulut
  • Terdapat cairan berbau tidak sedap dari mulut
  • Terdapat pembengkakan pada gusi atau pada wajah

Sekian yang dapat saya informasikan pada pembahasan kali ini mengenai sebab sakit gigi terasa hingga ke leher dan telinga. Semoga membawa banyak manfaat bagi anda semua. Kenali gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter jika diperlukan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini