Perbedaan Manfaat Sikat Gigi Elektrik dan Sikat Gigi Manual

Gigi adalah salah satu anggta tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. Kesehatan gigi akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara umum, oleh sebab itu kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting disamping kesehatan mulut kita.  Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi baik sikat gigi biasa atau penggunaan sikat gigi elektrik.

Dengan menyikat gigi secara teratur dan benar maka kebersihan gigi dan mulut pun akan terjaga, selain menghindari terbentuknya lubang-lubang gigi dan penyakit gigi dan gusi. Selain itu, sikat gigi penting diperhatikan sebagi alat pembersih gigi.

saat ini sudah banyak berbagai macam variasi sikat gigi dari yang manual sampai elektrik dan sikat gigi interdental. Keduanya tentunya mempunyai kelebihan masing-masing, pada artikel ini akan dijelaskan manfaat-manfaat dari sikat gigi elektrik dan juga manual.

Manfaat Sikat Gigi Manual

  • Efektif membersihkan gigi, jika dilakukan dengan teknik yang tepat.

Gosok gigi benar benar bersih dan sesuai dengan cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi hanya membutuhkan waktu dua menit dan Anda dijamin bisa mencapai kebersihan mulut dan gigi yang optimal hanya dengan sikat gigi biasa, serta tidak perlu mengkhawatirkan tentang tindakan yang keliru karena semuanya dikendalikan secara manual. Anda dapat mengatur seberapa banyak tekanan yang Anda gunakan saat Anda menggenggam sikat gigi.

Hal ini berguna untuk membantu Anda menghindari menempatkan tekanan yang terlalu besar pada gigi Anda seperti tekanan makanan bertekstur kasar. Tekanan yang berlebihan pada gigi dapat mengikis lapisan enamel gigi,menyebabkan rasa sakit, dan peningkatan risiko pembusukan gigi. Dengan model listrik, kekuatan tekanan diatur oleh mesin dan Anda tidak dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

  • Murah dan praktis

Dengan sikat gigi manual, yang benar-benar Anda butuhkan hanyalah penutup kepala sikat — beberapa produk sikat gigi manual di pasaran sudah dilengkapi dengan fitur ini. Anda tidak perlu khawatir repot-repot membeli baterai cadangan atau kelupaan membawa charger di saat darurat.

Sikat gigi manual tergolong murah dan dapat diperoleh di mana saja, bahkan di warung dekat rumah atau didapat cuma-cuma sebagai “oleh-oleh” kunjungan bulanan dokter gigi. Yang harus diingat, Anda harus rutin mengganti sikat gigi Anda tiga bulan sekali agar tidak terjadi resiko buruk akibat jarang ganti sikat gigi.

  • Banyak variasi produk

Jenis bulu sikat, bentuk kepala sikat gigi manual hingga warna yang bebas anda pilih sesuka hati. Anda bisa memilih bulu sikat gigi yang halus lembut jika gigi Anda sensitif, dan kepala sikat yang kecil jika mulut anda kecil. Beberapa merek sikat gigi manual pun menyediakan versi anak-anak dari fungsi dan model yang sama. Singkatnya, Anda tidak akan pernah kehabisan pilihan dengan sikat gigi manual.

Manfaat Sikat Gigi Elektrik

  • Cocok untuk anak-anak dan orang yang memiliki keterbatasan gerak

Dengan sikat gigi elektrik, semua yang perlu Anda lakukan adalah posisikan sikat pada sudut 45º dan biarkan sikat bekerja dengan sendirinya. Sikat gigi elektrik dapat menjadi alat yang memudahkan rutinitas harian bagi orang-orang yang memiliki kesulitan menggunakan tangan mereka,

misalnya untuk golongan manula dan mereka yang memiliki arthritis. Ajika dokter gigi Anda menemukan bahwa Anda tidak cukup efektif membersihkan mulut dan gigi dengan sikat gigi manual, ia bisa saja menyarankan Anda untuk pindah haluan ke sikat gigi listrik.

Terlebih lagi, anak-anak yang rentan rewel dan malas menggosok gigi bisa Anda “rayu” untuk menggunakan sikat gigi elektrik. Kebanyakan anak jarang menyikat gigi hanya karena alasan malas atau tidak ingin. Sikat gigi elektrik menyediakan kemudahan dan sesi gosok gigi yang menyenangkan tanpa harus membuang banyak tenaga — sshh… Berlaku juga untuk Anda yang malas, lho!

  • Efektif mengurangi plak dan gingivitis

Dibandingkan dengan sikat gigi biasa, sikat gigi elektrik terbukti ampuh mengurangi plak 21 persen lebih banyak dan menurunkan risiko gingivitis (radang gusi) hingga 11 persen — sekaligus meningkatkan kesehatan gusi — setelah 3 bulan penggunaan rutin terutama jika menggunakan sikat gigi elektrik yang menggunakan fitur rotation oscillation (bulu sikat berputar sekaligus bolak-balik).

  • Ada timer dan tidak perlu menggosok terlalu keras agar lebih bersih

Jika Anda cenderung menyikat gigi terlalu keras, risikonya gigi akan mudah rusak. Maka dari itu, sikat gigi elektrik akan memudahkan Anda untuk mengatur kelembutan tekanan pada gusi dan gigi, sekaligus juga membersihkan di waktu yang bersamaan.

Banyak dari produk sikat gigi elektrik yang memiliki fitur built-in timer yang akan menghentikan perputaran sikat secara otomatis begitu waktu habis. Dengan begitu, risiko menyikat terlalu lama dan terlalu keras yang justru merusak gigi akan dapat dihindari.

  • Tenaga Listrik yang Akan Membersihkan Semuanya

Membuat penggunaan energi listrik untuk melakukan semua kerja keras ketika menggunakan jumlah tekanan dan waktu yang tepat yang dibutuhkan untuk menjaga gigi tetap segar dan cerah. Terkadang, kita mungkin tidak sadar menyikat gigi terlalu keras atau membiarkan sikat gigi menyikat hanya diatas permukaan dan tidak membuat perbedaan pada kumpulan karang gigi. Semua hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan sikat gigi elektrik.

  • Memperbaiki Masalah Bau Mulut

Masalah gigi yang paling umum adalah bau mulut. Sikat gigi elektrik ini dapat membantu memperbaikinya, dengan selalu menggosok gigi dengan sikat gigi elektrik. Sisa makanan yang membusuk dan berserakan di antara gigi kamu adalah salah satu penyebab bau mulut. Menggunakan sikat gigi elektrik dapat membantu melawan bau mulut. Gingivitis dan penumpukan plak juga disebabkan oleh bau mulut. Penyikatan yang baik dengan sikat gigi ini mengurangi kemungkinan penyebab utama bau mulut.

Apakah kamu akan menjaga gigi tetap segar dan bersih, atau apakah kamu ingin cara cepat dan mudah untuk melakukannya, sikat gigi elektrik merupakan pilihan yang tepat. Memang, sikat gigi listrik yang baik dapat membuat tindakan menyikat lebih efisien dan menyenangkan.

Menyikat gigi menjadi salah satu pencegahan berbagai macam penyakit gigi dan gusi. Mengenai tipe sikat gigi mana yang lebih baik (sikat gigi manual dan sikat gigi elektrik),  pada dasarnya kedua tipe sikat gigi ini sama-sama memberikan manfaat bagi orang yang memakainya. Semua tergantung dengan kebutuhan dari penggunanya. Selain itu, gigi akan terjaga kesehatanya jika menggunakan sikat gigi tipe menggunakannya dengan cara yang benar. Pada intinya semua tergantung kebutuhan setiap pengguna dan caranya menyikat gigi.