Dampak Sikat Gigi Teratur Namun Tidak Pada Waktunya

Hello sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan  penulis nih sobat yang tentunya selalu setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercintal. Nah sobat, tidak jaug dari pembahasan sebelumnya, pada artikel kali ini kita masih akan membahas mengenai kesehatan gigi dan mulut,

karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan gigi dan mulut ini tentunya adalah hal yang sangat penting untuk kita jaga dan lakukan agar terhindar dari bercak putih gigi (fluorosis gigi). Karena gigi ini merupakan komponen atau piranti yang sangat penting fungsi atau perananya terhadap tubuh kita secara keseluruhan.

Oleh karena hal tersebut sobat, dari zaman kita masih kecil selalu ditanamkan kata –  akta agar rajin menggosok gigi. Karena dengan rajin menggosok gigi tersebutlah kita bisa melakukan perawatan yang paling mendasar dan paling mudah untuk gigi kita baik untuk awam maupun atlet dengan cara tips kesehatan gigi dan mulut untuk atlet.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, dengan menggosok gigi tersebut, selain membersihkan gigi dari sisa makanan yang dapat menimbulkan bakteri pada gigi yakni tips mengeluarkan selilit gigi tanpa tusuk gigi, hal ini juga berguna agar nafas anda tidak bau, apalagi anda berkumur dengan obat kumur anti bakteri,  sehingga pada saat berbicara dengan lawan bicara anda bisa percaya diri ya sobat.

Nah sobat semua, ternyata meski sudah rajin menggosok gigi tetap saja ada resiko atau dampak yang sering terjadi pada gigi anda. Hal tersebut tentunya bisa saja disebabkan oleh cara atau waktu anda melakuakn sikat gigi tersebut. Oke sobat semua, adapun materi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai Dampak Sikat Gigi Teratur Namun Tidak Pada Waktunya.

Nah jika sobat semua adalah salah seorang yang sering mengabaikan waktu yang tepat dari menyikat gigi tersebut dan tidak melaksanakan sesuai anjuran spesialisasi dokter gigi, ada baiknya nih sobat menyimak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan menjelaskannya secara terperinci untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan beriktu ini dengan seksama.

Sebelum kita membahas mengenai dampal sikat gigi teratur tapi tidak pada waktunya tersebut sobat, ada baiknya kita simak terlebih dahulu kapan –  kapan saja waktu yang tepat untuk menggosok gigi agar jauh dari pengaruh keturunan pada gigi yang mudah ompong. Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • 1. Ketika Anda Akan Tidur Malam

Waktu yang pertama adalah ketika anda mau tidur malam. Sisa –   sisa makana dan minuman yang tertinggal di dalam mulut atau gigi anda setelah seharian melakukan aktivitas mulut mungkin sudah bertumpuk ya sobat. Sisa makanan tersebut apabila anda dibiarkan lama akan menimbulkan munculnya plak atau karang gigi yang bisa merusak gigi anda, dan jiak sudah seperti ini biasanya susah untuk dibersihkan.

  • Setelah Bangun Tidur

Waktu yang kedua adalah setelah bangun tidur. Nah sobat semua yang sering membuat keliru adalah pada saat kita menyikat gigi langsung setelah makan. Memang sobat, sejak kecil kita sudah diajarkan untuk sikat gigi dua kali sehari. Namun, jika menyikatnya pas setelah makan itu kurang tepat, namun sikat gigilah setelah  selesai bangun pagi. Setelah makan bisa berkumur.

Itulah waktu yang tepat untuk menggosok gigi ya sobat, namun apabila anda menambahkannya pada siang hari setelah selesai makan siang juga tidak masalah ya sobat. Berdasarkan ulasan diatas, maka bisa kita simpulkan bahwasanya sikat gigi tersebut,

hasilnya akan maksimal pada saat kita menyikatnya dengan waktu yang pas. Karena jika menyikat gigi meskipun teratur namun tidak pada waktu yang tepat, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi juga. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Kebersihan Gigi Tidak Maksimal

Dampak yang pertama adalah kebersihan gigi anda tidak akan jadi maksimal. Tidak maksimal disini sudah jelas ya sobat, karena misalnya saja waktu yang tepat untuk menggosok gigi pada pagi hari adalah setelah sarapan, namun anda sikat gigi tersebut,

hanya pada saat mandi pas baru bangun tidur. Padahal setelah itu anda pasti makan atau minum. Oleh karena itulah kurnag pas apabila anda sikat gigi pada saat bangun pagi sementara malamnya anda sebelum tidur sikat gigi. Itulah sebabnya sikat gigi teratur namun tetap mengakibatkan dampak yang buruk bagi gigi anda.

1. Bepotensi Membuat Gigi Berlubang

Dampak yang kedua adalah berpotensi membuat gigi anda berlubang. Hal ini tentu saja terjadi ya sobat. Misalnya anda sikat gigi pada saat sore hari setelah pulang kerjan, namun setelah itu anda makan malam. Setelah makan malam anda tidak gosok gigi lagi, karena yang terlintas dalam benak anda gosok gigi hanya 2 kali dalam satu hari.

Nah ini sobat salah satu penyebab gigi anda masih berlubang padahal sudah gosok gigi dengan teratur. Namun yang harus anda ketahui sobat, meskipun anda sudah menyikat gigi secara teratur tapi selain itu anda juga harus memperhatikan waktu menyikat tersebut harus sesuai dengan kebutuhan.

2. Berpotensi Menimbulkan Plak

Dampak yang ketiga adalah berpotensi menimbulkan plak. Hal ini tidak jauh berbeda dari gigi yang berlubang ya sobat. Karena seyogianya plak pada gigi tersebut muncul dikarenakan adanya sisa makanan yang terselip di bagain gigi atau pada mulut anda,

secara kseluruhan sehingga pada saat malam hari anda tidak beraktivitas, maka  bakteri yang ada pada mulut tersebut akan bekerja dengan gampangnya membuat bakteri berkembang sehingga tidak jarang dan cenderung menimbulkan plak pada gigi anda tersebut.

3. Menimbulkan Sakit Gigi

Dampak yang keempat nih sobat adalah bisa menimbulkan sakit gigi. Sakit gigi ini pada umumnya sering dirasakan oleh mereka yang giginya berlubang. Hal tersebut terjadi karena bakteri dalam mulut anda kena ke lobang gigi tersebut sehingga gigi cenderung sensitif.  Hal ini juga bisa terjadi pada anda yang melakukan sikat gigi namun tidak tepat pada waktunya, karena percuma saja anda sikat gigi teratur namun tidak tepat waktunya.

Nah sobat semua ulasan diatas bisa anda jadikan sebagai refrensi atau sekedar menambah informasi agar anda bisa menyikat gigi dengan teratur dan dengan tepat waktu pula. Semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda yang sudah membacanya. Salam gigi sehat.