Sponsors Link

Benarkah Jika Stres Berat Penyebab Gigi Copot

Sponsors Link

Berbagai aktivitas sehari hari bisa saja membuat seseorang menjadi stres dari mulai masalah keuangan, tugas di kantor, masalah percintaan, rumah tangga dan masih banyak lagi. Namun, selain bisa menyebabkan sakit kepala dan juga tekanan darah meningkat, ternyata stres berat penyebab gigi copot atau gigi tanggal di usia muda juga bisa terjadi. Lalu, apa sebenarnya hubungan antara stress dengan gigi copot atau tanggal tersebut?.

ads

Kenapa Stress Menyebabkan Gigi Copot?

Umumnya, banyak orang yang secara tidak sadar akan mengepalkan rahang secara kuat ketika sedang marah, sakit hati atau akibat lain yang ditimbulkan saat stress berkepanjangan. Bahkan beberapa orang lainnya juga bisa menggemeretakan gigi dalam waktu bersamaan yang disebut dengan buxism. Apabila hal tersebut dilakukan tanpa henti, maka menggemeretakan gigi secara kuat bisa membuat gigi geraham menjadi aus sehingga semakin longgar dari kantung gusi dan tulang pendukung juga akan ikut hancur.

Efek dari penyebab gigi gemeretak saat tidur tidak hanya sebatas menyebabkan gigi copot, namun semakin lama juga bisa menyebabkan rahang mengalami sindrom TMJ. Sindrom TMJ adalah gangguan yang terjadi pada persendian temporomendibular pada rahang yang bisa menimbulkan rasa sakit tak tertahankan dan bisa menjalar ke area telinga serta wajah.

Stres Bisa Menyebabkan Gusi Berdarah

Selain stres berat penyebab gigi copot, masalah ini juga bisa membuat pendarahan pada gusi atau gigi berdarah terus. Umumnya, merokok dijadikan kegiatan untuk melampiaskan dan melupakan stres sementara waktu. Stres juga bisa membuat seseorang malas atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Merokok dan kekurangan gizi penting dalam makanan menjadi dua penyebab timbulnya masalah gusi berdarah ditambah lagi dengan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ikut memicu kondisi tersebut akibat produksi hormon kortisol yakni hormon stres terlalu berlebihan.

Dengan meningkatnya hormon stress pada tubuh, maka risiko gusi berdarah dan penyakit gusi seperti gingivitis juga ikut meningkat. Penyakit gusi atau periodontal merupakan penyebab nomor satu di dunia dari masalah gigi copot orang dewasa dan sudah terbukti dari banyak penelitian jika penyakit gusi memang bisa terjadi akibat stres. Stres yang terjadi nantinya semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga turut menyebabkan peningkatan kerentanan tubuh terhadap infeksi bakteri penyebab jenis jenis penyakit gigi dan gusi.

Stres Menyebabkan Kebersihan Terabaikan

Ketika seseorang sedang mengalami stres berat atau bahkan depresi, maka biasanya akan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas sehari hari dan bisa berdampak juga pada malas menjaga kebersihan diri sendiri termasuk juga jarang sikat gigi.

Seseorang yang sedang stres mungkin juga akan malas ke dokter untuk memeriksakan kesehatan dan semakin lama membuat bakteri penyebab penyakit semakin menumpuk dan menggerogoti gusi sehingga radang gusi terjadi. Dalam sebuah studi pada tahun 2009 menemukan jika seseorang yang tidak peduli dengan perawatan mulut selama stres dan depresi, maka memiliki risiko gigi copot lebih tinggi.

Seorang dokter gigi asal New York menjelaskan bahwa ketika ketiga faktor di atas dijadikan menjadi satu yakni menggemeretakan gigi, penyakit gusi dan juga kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik, maka stres penyebab gigi copot bukan hal mustahil untuk terjadi. Namun, efek yang bisa ditimbulkan dari stress tersebut memang tidak langsung terjadi dalam semalam dan terbilang langka. 

Sponsors Link

Hal tersebut juga kembali ditegaskan oleh kepala departemen kesehatan gigi di North Shore University Hospital, New York. Ia mengatakan jika seseorang yang menggemeretakan gigi akibat stres ditambah juga dengan memiliki penyakit periodontal  bisa menyebabkan gigi copot. Namun stres sendiri bukanlah menjadi penyebab langsung dari gigi copot dan harus didasari dengan penyakit atau bakat penyebab gigi copot.

Meski begitu, stress berlebihan tetap harus dihindari karena tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan gigi dan mulut, namun stres berlebihan juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit berbahaya karena bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh secara drastis. Semoga ulasan kami kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi