Sponsors Link

Struktur Gigi dan Fungsinya : Jenis Jenis Gigi dan Cara Perawatannya

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai gigi, tentunya sobat semua sudah langsung terbayang senyum yang indah karena adanya gigi yang rapi putih dan bersih ya sobat. Atau mungkin saja bisa sebaliknya langsung terbayang akan gigi yang berlobang bahkan berwarna kekuningan yang mengurangi manisnya senyum anda ya sobat. Lantas bagaimana dengan kondisi gigi anda saat ini sobat?

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi merupakan organ sistem pencernaan yang terletak di dalam rongga mulut. Gigi sendiri dikategorikan sebagai sistem pencernaan mekanik. Gigi disebut sebagai sistem pencernaan karena fungsi gigi sendiri adaah untuk memotong, merobek dan mengunyah semua jenis makanan yang dimasukkan ke mulut, sebelumm nantinya makanan tersebut masuk ke bagian mulut yang lainnya.

Gigi sendiri memiliki struktur yang keras dan padat untuk bisa menjalankan fungsinya sebagai sistem pencernaan mekanik dalam tubuh mansusia. Tetapi walaupun disebut berstruktur keras bukan berarti semua makanan yang anda masukkan ke dalam mulut bisa di robek atau di potong oleh gigi anda ya sobat, tentunya juga memiliki tekstur yang seyogyanya bisa di potong atau bisa di robek oleh gigi anda.

Struktur Gigi dan Fungsinya

Secara umum struktur gigi merupakan lapisan – lapisan yang membentuk gigi sehingga menjadi sempurna. Struktur – struktur itu sendiri terdiri atas :

  • Email Gigi

Email gigi merupakan lapisan yang melapisi semua mahkta gigi. Email gigi ini memiliki sifat yang keras karena dibentuk oleh kalsium. Bagian email ini jika kondisinya kurang baik, maka tidak hanya bagian gigi geraham cepat berlubang, namun bagian lainnya juga berpeluang besar.

  • Sementum Gigi

Apabila dalam mahkota gigi dilapisi oleh email gigi, maka akar gigi di dalam rahang dilapisi oleh sementum gigi. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi akar gigi namun teksturnya memang tidak sekeras email gigi.

  • Tulang Dentin

Lapisan ini terletak setelah lapisan email gigi di bagian mahkota gigi, dan setelah bagian akar semen dibagian akar gigi. Tulang dentin ini merupakan lapisan terluas yang terdapat pada gigi dan strukturnya meliputi semua panjang dan lebar gigi mulai dari mahkota gigi sampai ke akar gigi. Tulang dentin ini berfungsi sebagai pelindung kedua setelah email gigi dan smeentum gigi.

  • Rongga Gigi (Pulpa)

Pulpa gigi merupakan jaringan lunak yang membentuk rongga pada bagian dalam gigi. Rongga ini berisi pembuluh darah dan pembuluh saraf,untuk mengindentifikasi benda asing yang masuk kedalam mulut, tekanan, suhu dan nyeri karena memiliki pembuluh syaraf.

Sponsors Link

Jadi jika sobat semua merasa gigi ngilu atau sakit ketika memakan atau meminum sesuatu, biasanya makanan atau minuman yang dingin atau panas, sesungguhnya adanya gangguan pada rongga pulpa ini ya sobat.

Jenis – Jenis Gigi dan Fungsinya

Selain struktur gigi, penulis juga akan membahas mengenai jenis – jenis gigi beserta dengan fungsinya. Yuk sobat, kita simak saja ulasan berikut ini.

  • Gigi Seri ( Dentis Insisivus)

Gigi jenis ini merupakan jenis gigi yang berfungsi untuk memotong dan mengerat semua jenis makanan yang anda masukkan ke dalam mulut anda. Gigi seri berbentuk tegak dengan ujung mahkotanya giginya yang berbentuk garis horizontal.

ads
  • Gigi Taring (Dentis Kaninus)

Gigi taring adalah gigi yang berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring berbentuk tegak dengan ujung yang tajam. Gigi taring berdampingan letaknya dengan gigi seri.

  • Gigi Geraham Depan (Pramolar)

gigi geraham dan fungsinya pada bagian gigi geraham depan berfungsi untuk menggiling, menggilas dan mengunyah makanan. Gigi pramolar ini berbentuk tegak dan agak lebar dan lebih rendah jika dibandingkan dengan gigi geraham atau gigi seri yang sudah penulis jelaskan diatas ya sobat. Gigi pramolar memilii beberapa tonjolan pada mahkotanya.

  • Gigi Geraham Belakang (Molar)

Gigi geraham belakang berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan dan menghaluskan makanan. Gigi molar ini mempunyai bentuk yang sama dengan gigi pramolar dan juga memiliki beberapa tonjolan pada mahkotanya.

Cara Perawatan Gigi

Nah sobat jika anda sudah mengetahui fungsi – fungsi gigi seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, ada baiknya gigi anda ahrus dirawat dengan teratur ya sobat. Berikut ini tips untuk merawat gigi.

  • Hindari Meminum Kopi, Teh dan Alkohol Secara Berlebihan

Kopi, teh dan minuman yang beralkohol sebenarnya boleh saja anda konsumsi ya sobat, asalkan porsinya tidak berlebihan. Jika berlebihan, maka gigi anda akan mudah kena flag atau karang gigi. Setelah itu lama kelamaan gigi anda akan rapuh.

  • Sering – Seringlah Mengonsumsi Prodak yang Berbahan Dasar Susu

Prodak yang berbahan dasar susu dikenal sebagai bahan yang kaya akan kalsium yang tinggi. Tidak hanya susu, keju dan yougurt pun merupakan produk yang kaya akan kalsium tinggi yang dapat memperkuat gigi anda.

  • Rajinlah Sikat Gigi

Hal yang paling penting dari point 1 dan point 2 adalah point tiga ini ya sobat, anda harus rajin merawat gigi anda dengan cara yang sederhada tetapi harus rutin anda lakukan setiap hari. Normalnya anda harus sikat gigi sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. pentingnya menggosok gigi memang tidak boleh diremehkan ya sobat.

Oke sobat sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai struktur gigi dan fungsinya, semoga bisa membawa manfaat bagi sobat semua. Salam hangat dari penulis untuk sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini