Sponsors Link

Syarat Sikat Gigi Khusus Anak dan Penjelasannya

Sponsors Link

Ketika gigi Si Kecil sudah mulai tumbuh, itu tandanya ibu perlu membelikan sikat gigi dan mengajarinya untuk membersihkan gigi. Mengajari anak untuk selalu membersihkan gigi sejak dini sangatlah penting. Ini karena sisa asi atau mpasi yang menempel bisa merusak kesehatan mulut dan giginya jika tidak dibersihkan.

ads

Namun, memililh sikat gigi anak tidak boleh sembarangan. Ibu dianjurkan untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan tahapan pertumbuhan gigi Si Kecil berdasarkan usianya. Berikut hal-hal yang perlu ibu perhatikan ketika memilih sikat gigi untuk Si Kecil:

1.Jenis Sikat Gigi Sesuai Usia Anak

Umumnya, jenis sikat gigi anak dibedakan berdasarkan beberapa tahapan usianya, yaitu 7-11 bulan, 11-24 bulan, dan untuk usia 24 bulan ke atas. Untuk anak usia 7-24 bulan, pilihlah sikat gigi dengan kepala sikat yang melebar dan ujung yang bulat.

Jenis sikat gigi ini akan memperluas jangkauan penyikatan sekaligus memijat gusinya. Sedangkan untuk usia balita yang giginya sudah tumbuh semua, pilihlah sikat gigi yang lebih tinggi di ujungnya agar bisa menjangkau daerah sela-sela gigi. jenis sikat gigi elektrik bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Pegangan Sikat Gigi

Untuk anak balita, pilih gagang sikat gigi yang tebal dan berkontur sehingga memudahkan bayi untuk menggenggamnya. Sedangkan untuk anak usia 5-8 tahun, pilih gagang sikat gigi yang lebih ramping dengan susunan bulu sikat berbentuk seperti mangkuk dan bulu sikat yang lebih tinggi di ujungnya. jenis sikat gigi behel bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Bentuk Kepala Sikat Gigi

Bentuk sikat gigi yang baik untuk anak adalah yang bagian kepalanya sedikit bulat. Kepala sikat yang sedikit membulat ini akan memudahkan ibu untuk membersihkan seluruh bagian dalam mulut Si Kecil hingga ke sela-sela gigi gerahamnya. Dengan begitu, sikat gigi tidak akan menyakiti mulut atau rongga mulut Si Kecil.

4. Bulu-bulu Sikat yang Lembut

Nah, ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu ibu perhatikan ketika memilih sikat gigi untuk Si Kecil. Karena gusi Si Kecil masih sangat lembut dan dalam masa pertumbuhan, jadi ibu perlu memerhatikan bulu sikat gigi dengan seksama.

Sikat gigi dengan tekstur bulu yang lembut akan menghindari Si Kecil dari gusi yang luka. Sikat gigi yang lembut juga bisa membantu memberi pijatan pada gusi anak sehingga merangsang pertumbuhan giginya.

5. Desain Sikat yang Menarik

Sekarang ini ibu dapat menemukan sikat gigi anak dengan berbagai desain yang menarik dan lucu dengan karakter kartun atau hewan. Ibu juga bisa mengajak anak ikut memilih sikat gigi agar anak lebih bersemangat menggosok gigi nantinya.

Untuk proses menyikat sendiri sebaiknya dilakukan dua kali sehari ya, yakni pada saat setelah sarapan dan sebelum tidur. Bagi si kecil yang belum mempunyai gigi memang sebaiknya cukup dilap dengan kasa untuk membersihkannya.

Namun saat gigi si kecil sudah berkembang, maka orangtua bisa mengajarinya menyikat tanpa pasta gigi (kalau belum bisa berkumur) atau dengan pasta gigi seukuran kacang polong (kalau sudah bisa berkumur). Dan gantilah sikat gigi anak secara berkala dalam 4 bulan atau bila sudah ada tanda-tanda kerusakan pada sikat gigi.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai syarat sikat gigi khusus anak. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi