Sponsors Link

Syarat Veneer Gigi Menurut Ahli

Sponsors Link

Veneer sudah menjadi salah satu tren saat ini yang sangat diminati. Jika anda memang salah satu orang yang berencana ingin melakukan prosedur ini, sebaiknya jangan putuskan terlalu terburu buru. Sebab, tidak semua gigi bisa diveneer dan cari tahu dulu syarat gigi yang bisa diveneer dan gigi yang tidak bisa diveneer dalam ulasan syarat veneer gigi yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Apakah Veneer?

Banyak orang yang sangat tertarik untuk melakukan veneer sebab prosedur ini bisa mempercantik tampilan khususnya dalam hal senyum. Dari seorang dokter gigi estetika, sekarang ini veneer sudah menjadi sebuah tren yang dikenal untuk tips memutihkan gigi.

Sebetulnya, veneer berguna untuk memperbaiki tampilan gigi yang rusak dan tidak proporsional sekaligus untuk memperbaiki warna gigi. Akan tetapi sekarang lebih diminati untuk memutihkan gigi. Dalam dunia kedokteran gigi, veneer dikenal sebagai salah satu prosedur perbaikan gigi yang ditujukan pada gigi bagian depan dengan tujuan memperbaiki bentuk serta susunan gigi secara instan dengan hasil yang lebih proporsional.

Veneer adalah cangkang yang dibuat menyerupai gigi yang kemudian akan ditempelkan pada permukaan luar atau email gigi. Dengan begini, maka tampilan gigi yang tadinya terlihat kurang proporsional bisa semakin baik. Akan tetapi yang harus anda ketahui adalah tidak semua orang bisa melakukan veneer untuk gigi dan ada syarat veneer gigi yang boleh dan tidak boleh melakukan prosedur ini.

Syarat yang Bisa dan Tidak Bisa Veneer

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, tidak semua orang boleh melakukan veneer. Ada beberapa syarat atau kondisi untuk gigi agar bisa melakukan veneer. Menurut seorang dokter gigi, bentuk dan juga ukuran gigi menjadi salah satu masalah yang paling umum yang membuat seseorang butuh melakukan prosedur ini.

Gigi yang terlalu kecil, terlalu besar dan juga susunan gigi yang tidak proporsional sering menjadi permasalahan. Selain itu, prosedur ini juga bisa dijadikan solusi untuk seseorang dengan gigi depan yang memiliki beberapa kondisi, seperti:

Di luar dari syarat syarat veneer gigi yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kondisi yang membuat prosedur veneer sebaiknya tidak dilakukan. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah:

  • Gigi yang terlalu maju.
  • Gigi yang berjarak terlalu renggang.
  • Gigi yang susunannya terlalu menumpuk.
  • Kerusakan gigi seperti mengalami pembusukan.

Prosedur Sebelum Veneer Gigi

Prosedur pelapisan gigi ini tidak bisa dilakukan secara asal. Selain harus memperhatikan beberapa syarat kondisi gigi untuk veneer, masih ada beberapa tahap lain supaya prosedur ini bisa berjalan dengan baik. Sebab jika salah, bukan gigi yang semakin bagus yang akan anda dapatkan, akan tetapi justru bisa sebaliknya jika dilakukan bukan oleh ahlinya.

Untuk itu, seorang dokter gigi menyatakan jika ada beberapa hal yang umumnya akan dilakukan oleh dokter gigi sebelum proses veneer dilakukan, seperti:

  • Melakukan foto gigi untuk mendiagnosis masalah.
  • Menyeleksi kasus seperti apakah pasien sudah memenuhi syarat gigi yang bisa melakukan veneer atau tidak.
  • Melakukan pemeriksaan dengan sinar X jika memang dibutuhkan untuk mencegah risiko infeksi gigi di kemudian hari.

Sesudah menentukan apakah anda masuk dalam kategori yang bisa melakukan veneer, maka dokter gigi akan mulai membuat beberapa rencana. Salah satunya adalah menentukan warna dan bentuk yang cocok dengan permasalahan anda.

Sponsors Link

Selain itu, dokter gigi juga akan memperhitungkan tentang berapa banyak gigi yang harus diasah atau dikikir. Dalam proses tersebut, dokter gigi akan melakukannya dengan penuh perhitungan sebab pengasahan yang terlalu banyak bisa menyebabkan gigi sensitif.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan rasa sakit atau ngilu yang mungkin muncul selama prosedur. Sebab, dokter gigi yang berpengalaman umumnya akan memberikan anestesi untuk membuat anda tetap nyaman selama menjalani prosedur.

Umumnya, anestesi pada awal dan sebelum pencetakan dimulai juga akan dilakukan sekaligus diberikan obat penghilang nyeri di tengah perawatan supaya pasien tidak akan merasa sakit.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips