Sponsors Link

Tambalan Gigi Lepas Saat Hamil – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Anda yang menggunakan gigi palsu atau disebut sebagai gigi tambalan, baik tambalan secara sementara dan permanen sudah tentu memiliki itngkat resiko yang sensitif. Hal ini bisa saja gigi tersebut lepas atau bahkan melukai gigi lain karena terinfeksi bakteri dan kuman. Beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi tambalan paling ampuh.

ads

Salah satu penyebab gigi tambalan mudah lepas yaitu karena adanya infeksi akibat kuman dan juga bakteri. Hal ini seharusnya menjadi perhatian yang tidak boleh dianggap sepele, apalagi Anda dalam kondisi hamil. Karena dampak dan efeknya dapat menjalar padat tingkatan kerusakan gigi yang parah dan membahayakan janin yang dikandung. Hindari beberapa pantangan sesudah tambal gigi yang harus diketahui.

Sebagai informasi untuk Anda mengenai penyebab, gejala,  dan pengobatan masalah gigi tambalan, berikut ini beberapa contoh penjelasannya untuk Anda :

Penyebab Tambalan Gigi Lepas Saat Hamil

Beberapa data yang menyebutkan sebagai penyebab masalah tambalan gigi Anda lepas adalah sebagai berikut, dan hal ini juga harus diwaspadai karena dapat menimbulkan kontraksi pada janin dan kehamilan :

  • Bahan yang digunakan sebagai tambalan untuk gigi tidak memiliki kualitas yang baik, sehingga hal ini dapat berpengaruh pada kekuatan gigi tambalan. Hal ini dapat memudahkan gigi lepas, apalagi terjadi gesekan atau benturan. Maka dari itu periksa bahan yang dijadikan sebagai tambalan gigi sebelum memasangnya. Masalah bau mulut setelah tambal gigi penyebab dan cara mengatasinya.
  • Posisi pada saat memasukkan tambalan gigi tidak tepat, jika hal ini terjadi tentu tambalan gigi akan bergeser dan mudah terlepas. Dan juga dapat menimbulkan rasa sakit dan juga kerusakan gigi lebih parah.
  • Faktor makanan juga dapat menjadi penyebab lepasnya tambalan gigi, pilih makakan yang tidak bertekstur keras dan lengket, karena apabila tambalan gigi Anda sudah rapuh dan ditambah dengan makanan yang keras. Maka lama kelamaan tambalan terlepas dari gigi Anda. Berikut efek samping tambal gigi amalgam wajib tahu.
  • Perawatan gigi tambal yang tidak benar, kurangnya memperhatikan kebersihan dan perawatan tambalan gigi dapat menyebabkan tambalan mudah terlepas. Apalagi dalam menggosok gigi dengan cara asal dan tidak tepat.
  • Faktor gigi yang semakin rusak, apabila gigi yang berlubang sudah sangat parah dan semakin membesar, maka hal ini dapat berakibat pada tambalan gigi menjadi goyah dan lepas.

Gejala Tambalan Gigi Lepas Saat Hamil

Pengaruh tambalan gigi lepas saat hamil dapat menimbulkan gejala yang tidak enak tentunya. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa hal mengenai gejala tambalan gigi lepas seperti berikut ini :

Sponsors Link

  • Mengalami rasa yang tidak enak dan rasa nyeri pada saat awal mengamali tambalan gigi lepas. Dampak dan efek samping gigi tambalan yang wajib Anda tahu.
  • Apabila Anda mengunyah akan ada rasa yang mengganjal di sekitar gigi yang digunakan untuk mengunyah makanan.
  • Apabila diraba dengan lidah dan tangan, tambalan akan dirasa mulai goyah selayaknya tambalan akan lepas.
  • Gigi berlubang akan terasa ngilu dan agak sensitif terhadap makanan dan minuman tertentu.
  • Apabila dibiarkan maka akan mulai timbul kuman dan bakteri yang bersarang di daerah tambalan yang akan lepas, hal ini akan berdampak gigi mudah sakit dan nyeri. Berikut ini efek samping gigi ditambal yang wajib diketahui.
  • Biasanya akan sakit apabila ada benda yang masuk digigi yang ditambal akan lepas.
  • Apabila terinfeksi maka dapat menimbulkan radang dan bengkak pada daerah tambalan gigi Anda.
    ads

Pengobatan Tambalan Gigi Lepas Saat Hamil

Banyak pilihan untuk mengobati tambalan gigi yang akan lepas, namun obat yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi janin dan kehamilan Anda. Jangan sampai Anda membeli obat secara sembarang untuk menghindari resiko dan juga efek samping obat. Berikut ini perbedaan tambal gigi sementara dan permanen yang dapat Anda ketahui.

Berikut contoh pengobatan yang aman dan bisa Anda coba sendiri :

  • Apabila tambalan dalam kondisi sedikit goyah dan menimbulkan rasa nyeri, alangkah baiknya Anda mengkonsumsi obat anti nyeri yang sebelumnya sudah direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.
  • Alangkah baiknya Anda memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi, dan ikuti langkah dan anjuran dokter. Umumnya penanganan akan dilakukan dengan cara berikut oleh dokter :

1. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi Anda.

2. Dokter akan membersihkan gigi tambalan Anda sampai steril dan bersih.

3. Tindakan dokter akan memberikan antibiotik atau juga obat penghilang rasa nyeri sementara.

  • Apabila kondisi tambalan sudah parah, maka dokter akan melakukan pencabutan gigi Anda agar tidak membahayakan kondisi kandungan. Berikut contoh cara tambal gigi berlubang sendiri yang aman dan benar.
  • Tindakan medis seperti penambalan ulang, apabila kondisi tambalan memang harus diganti dengan yang baru.

Pencegahan Tambalan Gigi Lepas Saat Hamil

Banyak cara untuk menjaga kondisi tambalan gigi Anda tahan lama dan tidak mudah lepas. Anda juga harus menjaga kesehatan dan juga kebersihan gigi dan kebiasaan yang dapat mempengaruhi gigi tambalan menjadi lepas. Apalagi resikonya yang dapat mempengaruhi kondisi kehamilan Anda. Masalah gigi retak bisa ditambal dengan bahan berkualitas.

Berikut ini beberapa langkah untuk tindakan pencegahan gigi tambalan lepas, dan untuk menjaga kondisi kehamilan Anda tidak terganggu :

  • Rajin merawat tambalan gigi sesuai dengan saran dan petunjuk dokter gigi.
  • Gunakan sikat yang lembut dan juga pasta gigi khusus untuk membuat gigi tambalan tidak mudah terlepas. Berikut macam manfaat tambal gigi berlubang sementara, permanen dan laser.
  • Rutin kontrol kondisi tambalan pada dokter gigi yang biasa Anda kunjungi.
  • Hindari makanan dengan tekstur yang keras, kelot dan lengket, agar hal ini tidak menimbulkan tambalan gigi terlepas.
  • Lakukan perawatan gigi pada dokter gigi agar kondisi tambalan tetap kuat dan tahan lama. Contoh ragam jenis bahan tambal gigi kelebihan dan kekurangan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tambalan gigi lepas saat hamil, jagalah kondisi gigi Anda saat kehamilan agar terhindari dari resiko yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi