Sponsors Link

6 Tanda Gusi tidak Sehat

Sponsors Link

Dear sobat pembaca semua.. jumpa lagi dengan penulis yang selalu membagikan wawasan serta informasi terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut beserta segala perawatannya, tentunya gigi dan mulut bukanlah organ tubuh yang sepele ya sobat mengingat peran utamanya sebagai pintu awal untuk memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai manusia, yakni makan dan minum.

ads

Jika selama ini sobat hanya fokus menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti memahami mengenai bahaya pemasangan behel gigi untuk ibu hamil dan janin, mulai sekarang berikan perhatian pula pada gusi dimana gusi merupakan rumah dari gigi yang sobat miliki. Ibarat rumah yang kotor, penghuni di dalamnya juga akan mudah tertular kotornya walaupun senantiasa menjaga kebersihan diri sepanjang hari.

Begitu pula dengan gusi, ketika gusi tidak dirawat dengan baik, tentunya terdapat beragam resiko munculnya infeksi dan penyakit penyakit yang dapat dengan mudah mempengaruhi kesehatan gigi sehingga wajib dilakukan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi untuk mengatasinya. Perlu dicatat ya sobat, bahwa gusi yang tidak sehat merupakan sebab utama dari gigi tanggal, sebab itu sobat wajib menjaga gusi agar selalu sehat dan terawat.

Bagaimana caranya? Tentunya sobat wajib mengetahui Tanda Gusi tidak Sehat, sehingga sobat dapat dengan segera memberikan penanganan terbaik serta pencegahan untuk menghindari penyakit lanjutan dengan pemeriksaan awal sendiri jika gusi sobat mengalami hal tersebut atau sebagai panduan perawatan gusi segala kondisi misal cara membersihkan gigi dan mulut pada penderita stroke. Berikut penjelasan selengkapnya.

Sebelumnya penulis uraikan terlebih dahulu mengenai ciri gusi yang sehat ya sobat, yakni :

  • Warna gusi merah muda.
  • Gusi terasa agak kenyal ketika dipegang.
  • Tekstur permukaan gusi halus.
  • Gusi tidak berdarah ketika terkena sentuhan atau tekanan.

Nah sobat, jika gusi sobat memiliki ciri tersebut sobat tak perlu khawatir, tinggal menjaga dan merawat sebaik mungkin agar tetap dalam kondisi terbaiknya, sedangkan tanda gusi tidak sehat yang wajib sobat waspadai ialah :

1. Terasa Tidak Nyaman

Ketika gusi sobat berwarna merah, agak gendur atau bengkak, agak lunak saat dipegang, mengeluarkan aroma yang tidak sedap, dan mudah berdarah ketika disentuh atau terkena tekanan adalah sebuah alarm bahwa sobat harus melakukan perawatan gusi lebih baik lagi mislanya dengan gum contouring, kondisi tersebut terjadi karena akumulasi perawatan gusi yang salah dan berdampak pada munculnya beragam penyakit gigi.

2. Warna Gusi Menghitam

Jika warna gusi bukan merah lagi namun sudah menghitam, tandanya ada faktor di luar tubuh yang menyebabkan hal tersebut atau karena faktor genetik (keturunan) seperti ras tertentu misalnya orang Aceh, Ambon, Papua, Afrika, dan Mediterania. Jika keluarga sobat sebagian besar memiliki gusi berwarna hitam, kemungkinan besar sobat juga bisa memiliki kondisi yang sama.

Sponsors Link

Hal ini adalah sesuatu yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Namun jika gusi berwarna hitam karena kemungkinan lain seperti paparan benda asing, efek merokok berlebihan, tambalan gigi yang kurang baik, dan seringnya terkena bahan kimia (timbal, timah hitam, tembaga) yang memiliki bahan merkuri tinggi, maka harus diatasi berdasarkan dengan penyebab asalnya seperti mengurangi paparan dari bahan kimia tersebut atau melakukan perawatan kedokteran gigi dan mulut yang berhubungan dengan estetika dengan mengenal alat dokter gigi terlebih dahulu.

3. Bau Mulut Sepanjang Waktu

Bau mulut merupakan sesuatu yang wajar ketika terjadi saat kondisi tertentu seperti bangun tidur, ketika berpuasa atau kondisi mulut dan gigi kering, atau ketika makan makanan tertentu seperti daging yang berbau tajam dan makanan pemicu bau lainnya. Namun sobat, yang wajib diwaspadai sebagai tanda gusi tidak sehat ialah bau mulut yang muncul sepanjang waktu termasuk setelah menggoosk gigi atau berkumur dengan mouthwash. Ini merupakan pertanda terdapat masalah serius pada gusi.

ads

4. Area Gusi Lemah dan Sensitif

Tanda gusi tidak sehat selanjutnya ialah ketika gusi melemah yakni mudah berdarah saat sikat gigi atau membersihkan sela gigi dengan benang gigi serta merasakan nyeri pada gusi setelah makan atau minum sesuatu yang sangat panas atau sangat dingin. Kenapa bisa demikian sobat? sebab gusi yang tidak sehat tidak mampu menyesuaikan diri dengan berbagai temperatur dengan mudah seperti panas dan dingin tersebut.

Untuk mengatasinya, sobat wajib meningkatkan perawatan pada gusi, sebab jika dibiarkan laama kelaman dapat membuat tulang rahang menyusut dan gigi tanggal. Lakukan pencegahan agar gusi tidak semakin melemah dengan mulai melakukan sikat gigi teratur sesuai anjuran dokter gigi, flossing, berkumur, dan konsultasi rutin ke doter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

5. Gusi tak Kuat Menahan Gigi

Gigi goyag atau terpisah dari tempatny adalah tanda bahwa gusi tak kuat lagi menahan gigi, umumnya terjadi karena kondisi kesehatan gusi yang buruk. Seringkali kondisi tersebut menimbulkan nanah pada gusi dimana kondisi tersebut artinya penyakit gusi sudah memasuki tahap lanjut atau masalah serius.

6. Gusi Menyusut

Umumnya terjadi karena masalah pada gusi yang tak kunjung ditangani, gigi terlihat lebih panjang dan akarnya terlihat karena penyusutan gusi, dalam dunia kesehatan gigi, hal ini disebut dengan resesi gusi, yakni terjadi karena paparan bakteri perusak sehingga gigi dan mulut juga rentan bermasalah. Jika tidak segera diobati, akan terjadi kerusakan yang lebih parah seperti hilangnya dentin gigi, melunaknya akar gigi, dan rasa sakit yang amat sangat serta infeksi.

Nah sobat, sebagai wawasan tambahan dan tips dari penulis, tanda gusi tidak sehat yang telah penulis sebutkan dapat dicegah dengan perawatan harian untuk gusi yang terbaik, yakni sebagai berikut :

  • Gosok gigi selama 2 menit 2 kali sehari di pagi dan malam.
  • Bersihkan gigi denga benang sekali dalam sehari.
  • Gunakan pembersih mulut anti bakteri dan non alkohol untuk membersihkan seluruh area mulut beberapa kali seminggu.
  • Konsumsi makanan yang ramah bagi gusi seperti kalsium, sayuran, dan berkumur setelah makan makanan yang manis.
  • Minum banyak air dan hindari rokok.
  • Kunjungi dokter gigi 6 sd 8 bulan sekali.

Demikian yang penulis dapat sampaikan, tentunya sekarang sobat pembaca sudah memahami dengan detail apa saja tanda gusi tidak sehat, penyebabnya, dan cara mencegah serta menanganinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat memberikan kesadaran bagi sobat semua untuk lebih baik lagi dalam merawat kesehtaan gusi sehingga terhindar dari beragam penyakit gusi. Terima Kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini