12 Tanda Tanda Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui

Pertumbuhan dan perkembangan si kecil pasti memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun rupanya ada beberapa gangguan pada bayi ketika bayi akan mengalami pertumbuhan tertentu. Dan bisa jadi orang tua malah cemas berlebihan jika bayi mereka mengalami beberapa gejala tertentu. Padahal bisa jadi semua itu adalah tanda tanda bayi tumbuh gigi yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan berlebihan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tanda gigi bayi akan tumbuh yang perlu diketahui oleh orang tua.

  1. Kenali usia gigi tumbuh pada bayi

Tentunya untuk mengetahui apakah bayi akan tumbuh gigi atau tidak, orang tua perlu mengetahui pada usia berapakah gigi bayi mulai tumbuh. Ternyata gigi bayi akan tumbuh bisa terjadi di usia bayi yang menginjak 6 bulan. Namun ada juga beberapa bayi yang mengalami pertumbuhan lebih cepat atau lebih lambat, misalnya di usia 4 bulan atau bahkan di usia 12 bulan. Kenali juga Ciri Gigi Bayi Tonggos agar bisa mengantisipasi sejak dini.

  1. Produksi air liur bertambah

Tanda tanda bayi tumbuh gigi yang paling terlihat adalah bayi lebih mudah mengeces alias mengeluarkan air liur secara berlebihan dari biasanya. Kondisi ini memang wajar, karena saat gigi bayi akan tumbuh, bayi akan mengalami produksi air liur yang bertambah.

  1. Batuk atau muntah

Pada dasarnya, bayi belum bisa benar-benar mengendalikan otot-otot pada tubuhnya. Demikian pula dengan susunan saraf di sekitar mulut dan tenggorokannya yang belum sempurna. Sehingga, ketika air liur berlebihan berada di dalam mulutnya, bisa jadi bayi akan mudah tersedak. Hal ini yang sering menyebabkan bayi mudah batuk atau bahkan muntah saat akan tumbuh gigi.

  1. Rewel

Tanda tanda bayi tumbuh gigi selanjutnya adalah bayi bisa jadi menjadi lebih rewel. Kondisi rewel pada bayi yang akan tumbuh gigi juga bukan merupakan gejala penyakit tertentu, karena bisa jadi memang ada rasa tidak nyaman di mulutnya saat gigi akan tumbuh. Saat akan tumbuh gigi memang akan ada jaringan di gusi yang seperti terkena radang atau sariawan. Maka dari itu kenali Cara Mengobati Sariawan pada Bayi agar bayi tidak rewel.

  1. Suka menggigit

Bayi yang akan tumbuh gigi juga bisa jadi akan lebih sering menggigit. Bahkan benda-benda di sekitarnya juga bisa jadi lebih sering untuk digigit oleh si bayi. Bahkan saat minum ASI pun bisa jadi bayi juga menggigit-gigit. Jika kondisi ini terjadi pada bayi, maka bisa dipastikan bahwa kemungkinan gigi bayi memang akan tumbuh. Coba perhatikan bagian rahang dan gusi bayi karena biasanya akan ada tanda sebelum gigi tumbuh di gusi bayi.

  1. Sering menangis

Gigi yang akan tumbuh pada bayi juga kerap kali menciptakan rasa sakit seperti radang pada gusi. Selain bayi menjadi rewel, bisa jadi bayi juga akan lebih sering menangis. Hal ini memang sangat wajar karena bayi belum bisa mengeluh akan rasa sakit yang dideritanya. Dalam tahap ini, ibu dan orang tua di sekitarnya memang harus lebih sabar.

  1. Gusi membengkak

Gusi bayi yang akan tumbuh juga bisa jadi menunjukkan tanda tanda bayi tumbuh gigi berupa gusi membengkak. Sama seperti orang dewasa yang akan tumbuh Gigi Bungsu, maka kondisi ini juga bisa terjadi pada bayi. Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa memijat pelan bagian gusi yang bengkak pada bayi. Setelah pemijatan, maka akan muncul rasa yang lebih nyaman bagi bayi.

  1. Sering terjaga di malam hari

Bayi yang sering terjaga di malam hari juga bisa disebabkan oleh gigi yang akan tumbuh. Penyebabnya bisa karena rasa sakit atau rasa gatal di bagian gusi yang akan tumbuh gigi.

  1. Sulit makan

Bayi yang sulit makan atau rewel dalam masalah makan juga bisa dikarenakan rasa tidak nyaman pada gusinya karena akan tumbuh gigi. Saat Anda menyuapi bayi dengan makanan, bisa jadi dia akan menolak.

  1. Sering menggaruk pipi atau menarik telinga

Salah satu cara bayi untuk merespons ketidaknyamanan yang dirasakannya adalah dengan menarik telinga atau juga menggaruk pipi. Jika bayi sering melakukan hal itu, bisa jadi penyebabnya adalah gigi bayi yang akan tumbuh.

  1. Demam

Demam yang ringan pada bayi juga bisa terjadi dikarenakan bayi akan tumbuh gigi. Penyebabnya adalah jika gusi yang akan ditumbuhi gigi mengalami peradangan ringan. Maka jangan panik jika bayi mengalami demam, karena tidak semua demam menandakan Penyakit Mulut pada Anak.

  1. Sering memasukkan tangan ke mulut

Ciri lain dari gigi bayi yang akan tumbuh adalah kebiasaan suka memasukkan tangan atau jarinya ke dalam mulut. Ini adalah cara bayi untuk merespons rasa tidak nyaman di rongga mulutnya.

Demikianlah beberapa tanda tanda bayi tumbuh gigi yang perlu diketahui oleh orang tua. Ketahui juga beberapa Cara Merawat Gigi Bayi yang baru tumbuh. Semoga artikel ini bermanfaat.