Manfaat Teh Hijau Untuk Gigi Sensitif yang Luar Biasa

Memiliki gigi sensitif tentunya sangat tidak nyaman khususnya ketika makan atau minum panas dan dingin yang bisa membuat gigi terasa cenat cenut. Selain menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, sebenarnya ada cara lebih alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bahaya gigi sensitif seperti salah satunya teh hijau untuk gigi sensitif.

Penyebab Gigi Sensitif

Gigi sensitif bisa terjadi pada saat lapisan enamel yakni lapisan pelindung gigi yang terkikis yang membuat lapisan dentin yang berada di lapisan bawahnya terekspos lingkungan sekitar. Dentin mempunyai struktur berlubang yang kemudian menyalurkan cairan panas serta dingin ke area pulpa terutama saraf gigi. Apabila lapisan pelindung gigi tersebut rusak, maka secara otomatis cairan panas dan dingin tersebut sangat mudah masuk ke dentin kemudian menuju saraf gigi di area pulpa. Kondisi tersebut yang menjadi penyebab gigi sensitif yang ditandai dengan timbulnya rasa sakit dan juga ngilu ketika makan dan minum sesuatu yang panas dan dingin. Seseorang yang memiliki gigi sensitif umumnya akan lebih rentan terhadap gigi berlubang karena lubang dentin tersebut sudah terinfeksi dengan bakteri.

Manfaat Teh Hijau Untuk Gigi Sensitif

Untuk mengatasi ciri ciri gigi sensitif, dokter gigi umumnya akan menutup lapisan dentin yang terbuka dan sudah rusak memakai bahan disebut nanohydroxyapatite atau n-HAp dan juga bisa menggunakan bahan lain seperti fluorida, potassium natrium dan beberapa bahan aktif lainnya. Namun dari seorang periset menemukan jika teh hijau untuk gigi sensitif bisa digunakan secara berkala karena dalam teh hijau memiliki sifat anti bakteri. Temuan ini sudah dipublikasikan di jurnal ACS Applied Materials & Interfaces.

Teh hijau merupakan makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan polifenol khususnya epigallocatechin 3 gallate atau ECGC. Dalam beberapa penelitian sebelumnya juga membuktikan jika senyawa tersebut juga bisa melawan Streptococcus mutans yakni sejenis bakteri jahat dalam mulut penyebab gigi berlubang dan juga bisa merusak lapisan dentin gigi.

Penelitian yang dilakukan Wuhan University mengatakan jika prosedur penutupan dentin dengan nanohydroxyapatite n-HAp yang ditambah dengan senyawa ECGC dari ekstrak teh hijau bisa menghambat pembentukan S.mutans di permukaan dentin, menjaga keutuhan lapisan dentin dan juga membuat lapisan gigi lebih tahan banting terhadap serangan S.mutans. Semua manfaat dari teh hijau ini sangat dipercaya bisa membantu keefektifan pengobatan ciri gigi sensitif

Manfaat Lain Ekstrak Teh Hijau

Tidak hanya bisa mengatasi berbagai masalah seperti mencegah gigi sensitif, ekstrak teh hijau juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh seperti memberikan banyak antioksidan, menurunkan risiko berbagai penyakit kanker, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung dan juga kulit sampai menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan manfaat lain teh hijau untuk gigi diantaranya adalah:

  • Mengontrol pertumbuhan bakteri: Tingkat keasaman air liur nantinya akan menurun seiring dengan semakin terbatasnya pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur ini bisa menghindari masalah gigi seperti gigi berlubang.
  • Menjaga Kesehatan Gusi: Zat anti peradangan yang terkandung dalam teh hijau sangat baik untuk meningkatkan regenerasi dan juga penyembuhan berbagai jenis jenis penyakit gigi dan mulut.
  • Mencegah masalah gigi berkelanjutan: Zat EGCG yang terkandung dalam teh hijau bisa mencegah masalah gigi berlubang dengan cara menurunkan keasaman pada rongga mulut sekaligus meredakan masalah penyakit gusi seperti masalah gigi copot atau penyebab gigi ompong dan gigi terlepas.
  • Menyegarkan Nafas: Keasaman yang menurun, penurunan masalah peradangan pada gigi dan mulut nantinya juga bisa menyegarkan nafas hanya dengan cara mudah yakni minum teh hijau secara teratur untuk mengatasi penyebab bau mulut

Untuk anda yang ingin menggunakan teh hijau untuk gigi sensitif, maka bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau dalam bentuk kapsul, cair atau bubuk. Selain itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jadwal paling tepat untuk mengkonsumsi dan juga dosis yang dibutuhkan untuk sekali minum.