Sponsors Link

Terlalu Banyak Olahraga Justru Bikin Sakit Gigi, Benarkah?

Sponsors Link

Olahraga adalah gerakan tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya. Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang  terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun bekerja lebih baik.

ads

Berolahraga dan membersihkan gigi dengan baik serta menjaga kesehatan mulut bukan jaminan Anda tak akan mengalami sakit gigi. Ini karena ada hal lain yang tak berkaitan degan kesehatan mulut tetapi juga bisa memicu sakit gigi. Contohnya ialah berolahraga terlalu berat.

Olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan. Namun berolahraga terlalu keras juga bisa menyebabkan masalah pada gigi. Penelitian menunjukkan bahwa atlet yang terlalu banyak berlatih dan berolahraga memiliki risiko gigi rusak yang lebih tinggi dibandingkan dengan atlet yang berlatih dengan normal.

Ini karena terlalu banyak berolahraga akan membuat mulut kering dan kekurangan air liur. Karena itu, zat asam akan lebih mudah menyerang gigi dan membuatnya berlubang.

Selain terlalu sering berolahraga bisa menjadi salah satu pemicu sakit gigi, ada beberapa hal aneh atau tidak masuk akal yang bisa menjadi pemicu sakit gigi. Diantaranya ialah :

1.Sinusitis

Sinus adalah saluran udara yang ada di antara pipi dan hidung. Ketika terkena sinusitis (infeksi sinus), jaringan lunak pada saluran tersebut membengkak dan memproduksi terlalu banyak lendir.

Pembengkakan ini akan menekan akar gigi di dekat saluran dan menyebabkan sakit gigi. Jika Anda mengalami sakit gigi saat sedang flu atau pilek, kemungkinan ini dipicu oleh infeksi sinus. Gejala lainnya jika sakit gigi disebabkan oleh sinusitis adalah rasa sakit bisa terjadi pada beberapa gigi, tak hanya satu. pengaruh sinusitis pada gigi bisa anda pelajari lebih lanjut.

2. Gusi yang turun

Sensitivitas gigi bisa menyebabkan gusi semakin menipis dan turun sehingga enamel pada garis gusi mulai berkurang. Tanpa pelindung, gigi akan terekspos dan terasa sakit ketika terkena makanan yang panas atau dingin. Ini bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif agar bisa memperkuat enamel gigi.

3. Menggemeretakkan gigi

Kebanyakan orang tak menyadari mereka memiliki kebiasaan menggemeretakkan gigi. Kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit pada rahang, dan otot wajah. Selain itu, ini juga bisa merusak gigi dan menyebabkan sakit gigi.

4. Gigi keropos

Gigi yang patah atau keropos bisa menyebabkan sakit. Gigi bisa patah atau keropos jika disebabkan oleh kecelakaan, perubahan temperatur yang ekstrem atau bahkan ketika Anda menggigit makanan yang keras. Hal tersebut menyebabkan bagian dalam gigi terbuka dan sensitif. Karena pengeroposan kadang susah dideteksi, ini juga bisa memicu infeksi.

Sponsors Link

Itulah penjelasan kenapa terlalu banyak olahraga bisa menyebebabkan sakit gigi. Serta diatas juga dijelaskan beberapa hal lain yang juga menjadi penyebab sakit gigi yang mungkin saja selama ini belum anda ketahui. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan terimakasih sudah membaca.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini