Sponsors Link

Terlalu Sering Menyelam Sebabkan Sakit Gigi, Benarkah?

Sponsors Link

Bagi mereka yang menyukai laut, tentunya menyelam adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan bagi mereka. Karena seperti yang kita ketahui bersama, dengan menyelam kita bisa memiliki kesempatan untuk melihat keindahan alam bawah laut yang sangat indah tersebut.

ads

Panorama terumbu karang yang eksotis, serta kehidupan bawah laut yang sangat menawan tersebut yang secara langsung bisa berinteraksi dengan ribuan jenis ikan yang sangat indah warna maupun bentuknya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka yang mempunyai hobby menyelam tersebut. Nah bagaimana dengan anda sobat? Apakah anda juga menyukai hobby yang satu ini?

Sekilas mungkin seperti tidak ada masalah atau gangguan yang bisa terjadi dari hobby yang satu ini, namun pada kenyataannya sobat, ternyata hobby yang satu ini memiliki sejumlah bahaya yang bisa saja mengancam nyawa anda. Adapun bahaya yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1.Barotrauma

Pada umumnya seorang penyelam akan menyelam ke dalam lautan dengan cara memencet hidungnya dan meniupkan udara lewat telinga untuk mendorong lebih banyak udara ke bagian telinga tengah.

Pada saat pengaturan udara tersebut tidak seperti yang seharunsya, maka akan terjadi sakit telinga yang parah yang bisa berakibat pada sakit telinga dan juga paru paru atau yang seirng disebut dengan barotruma tersebut. penyebab gigi ngilu saat berenang bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

2. Tinnitus

Adapun tinnitus atau telinga berdenging ini yakni kondisi dimana telinga akan berdenging secara konstan, seperti hal nya yang terjadi pada mereka yang mengalmai vertigo. 

Saat turun kedalam lautan, tekanan udara dari luar akan meremas udara di lang telinga, yang menyebabkan sensasi dan tekanan rasa sakit pada telinga dan juga kepala anda atau yang disebut dengan tinnitus. sebab gigi terasa ngilu setelah berenang bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

3. Hipotermia

Pada saat menyelam di dalam lautan yang sangat dingin, maka hipotermia adalah salah satu resiko yang paling sering dialami oleh seseorang. Menggigil adalah salah satu cara yang dilakukan oleh tubuh anda pada saat terjadi hipotermia tersebut. Jika terjadi seperti ini, maka segera berhenti dari aktivitas menyelam tersebut.

Selain berbagai hal diatas, terlalu sering menyelem sebabkan sakit gigi anda loh sobat. Mereka para penyelam sering kali mengalami sakit gigi dan juga mulutnya. Mengapa demikain? Berikut ulasannya untuk anda.

Ditemukan bahwa lebih dari 40% objek penelitian mengalami masalah  gigi yang disebut dengan barodontalgia atau nyeri gigi yang terasa seperti diremas. Hal seperti ini sering sekali terjadi pada gigi geraham.

Rasa sakit ini muncul karena tekanan yang fluktuatif di dalam air yang didukung dengan gerakan rahang yang konstan dalam menggigit selang udara. Hal ini dikarenakan selang atau regulator merupakan pasokan udara utama lewat mulut, maka mulut pun rentan cedera atau mengalami gangguan oleh aktivitas ini, begitupun dengan gigi anda.

Sponsors Link

Itulah sobat alasan mengapa terlalu sering menyelam sebabkan sakit gigi. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya.

Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini