Sponsors Link

Tipe Prosedur Kosmetik dalam Kedokteran Gigi

Sponsors Link

Dear sobat pembaca semua.. Jumpa lagi dengan penulis yang seperti biasanya memberikan wawasan berkualitas dan informasi terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut serta perawatan dan hal hal yang berhubungan dengannya. Ada banyak perkembangan teknologi yang sobat wajib tahu seperti gum contouring dan mengatasi gummy smile.

ads

Tentunya sobat pembaca juga masih bersemangat untuk membaca dan mengupdate wawasan terbaru dari penulis ya sobat? dimana memiliki wawasan yang luas adalah salah satu hal penting yang bermanfaat besar untuk kegiatan harian kita. Misalnya wawasan mengenai bleaching gigi pada ibu hamil.

Jika membahas mengenai kesehatan gigi dan mulut, tentunya tidak jauh dari masalah kecantikan ya sobat, dan sbat harus memiliki ilmu yang benar, misalnya mengenai persepsi salah tentang bleaching gigi, dimana gigi yang bersih dan sehat yang menghasilkan senyuman indah tentunya akan memberikan kesan wajah yang lebih cantik atau lebih tampan serta lebih manis dan menyenangkan untuk dilihat, benar demikian ya sobat?

Seiring dengan majunya teknologi pula, muncul berbagai macam prosedur kesehatan yang tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki atau mengatasi penyakit gigi dan mulut saja, namun juga mengatasi kekurangan pada gigi dan mulut yang berhubungan dengan kecantikan atau estetika, misalnya ialah banyaknya pasien yang memasang behel gigi dengan tujuan untuk kecantikan, padahal ada cara merapikan gigi tanpa behel, bukan karena adanya masalah kesehatan gigi.

Nah sobat, tidak hanya behel gigi saja yang berhubungan dengan kecantikan dan kosmetik, yakni masih ada berbagai prosedur lainnya, berikut selengkapnya Tipe Prosedur Kosmetik dalam Kedokteran Gigi sebagai wawasan berkualitas untuk anda.

Kedokteran gigi kosmetik itu sendiri adalah metode perawatan gigi dan mlut profesional yang fokus pada peningkatan untuk kecantikan gigi dan mulut, serta senyuman. Umumnya prosedur adalah sebuah pilihan, bukan karena masalah kesehatan yang berbahaya, namun pada beberapa kasus juga memberikan dampak perbaikan. Prosedur yang digunakan umumnya dilakukan dengan cara sederhana, sedangkan ada pula yang kompeks dan memerlukan perawatan khusus.

1. Inlays dan Onlays

Prosedur kosmetik yang pertama ini mungkin masih terdengar asing di telinga sobat ya? Prosedur ini secara umum dikenal dengan istilah tambalan tidak langsung, yakni dibuat oleh laboratorium khusus gigi dan canggih seperti manfaat penting rontgen gigi, prosedur digunakan saat gigi mengalami kerusakan ringan sd sedang dan pada saat tersebut tidak ada struktur gigi yang cukup untuk mendukung pengisian.

Prosedur ini bisa dilaksanakan jika tidak ada kerusakan pada puncak gigi, caranya ialah inlay diletakkan langsung pada permukaan atau bagian luar gigi, jika titik puncak pada gigi rusak maka aka digunakan onlay sebagai pengganti untuk menutup seluruh gigi atau menambal gigi yang rusak tersebut dengan sempurna.

Bahan yang digunakan ialah dari resin komposit yang menempel pada gigi dengan bantuan semen gigi untuk memberikan dukungan dan memperkuat gigi, untuk mengembalikan bentuk gigi ke bentuk semula, dan menghindarkan gigi dari pembusukan serta kerusakan yang lebih parah. Tentunya tindakan ini hanya bisa dilakukan di dokter ahli gigi ya sobat.

Sponsors Link

2. Composite Bonding

Ialah perbaikan gigi yang mengacu pada gigi yang rusak atau berubah wrna menggunakan bahan khusus yang menyerupai enamel gigi. Dokter gigi awalnya akan melaukan drilling pada gigi yang rusak dan menerapkan serta melekatkan bahan komposit ke permukaan gigi, dilanjutkan dengan memahat ke bentuk yang sempurna sebelum menyempurnakan dengan cahaya dengan intensitas tinggi.

Prosedur ini juga disebut sebagai ikatan, dimana bahan secara aktif akan mengcover kerusakan pada gigi dan memebri gigi sehat pada tempatnya. Prosedur ini bisa diterapkan pada pasien dengan kasus gigi retak, gigi pecah, dan tepi gigi yang telah aus.

ads

3. Veeners Gigi

Prosedur kosmetik selanjutnya yang sobat perlu ketahui ialah veeners gigi, yakni menggunakan bahan yang dibuat dari keramik dan telah didesain khusus untuk keperluan media, veneers gigi dibuat secara terpisah sesuai dengan kebutuhan pasien sehingga menghasilkan gigi yang menyerupai gigi alami seseorang.

Hasil terlihat sangat realistis dan mampu menyelesaikan berbagai masalah kosmetik, mulai dari gigi yang bengkok, enamel gigi yang rusak, hingga adanya celah antara dua gigi yang mengganggu penampilan. Dokter gigi akan menempatkan veeners ke depan setiap gigi dengan menggunakan perekat khusus gigi.

4. Pemutihan Gigi

Untuk prosedur ini, mungkin bukan sesuatu yang asing untuk sobat pembaca semua ya, yakni yang sering disebut dengan bleaching gigi, nah sobat, pemutihan gigi ini memang efektif untuk menghilangkan plak, tartar, dan kotoran lain yang sulit dibersihkan dari permukaan gigi, serta mampu mengembalikan gigi putih alami dan dapat memilikii peningkatan kecerahan warna hingga 10 tingkat putih cerah dari warna gigi sebelumnya.

Prosedur ini sering dilakukan terutama bagi perokok atau pecandu kopi yang menjadikan gigi berwarna kekuningan, gigi yang telah bertahun tahun ternoda dan terlihat usang menjadi cerah dan bersih kembali, tentunya prosedur ini juga harus dilakukan di dokter gigi ahli ya sobat, tidak boleh di tempat sembarangan.

5. Impan Gigi

Ialah prosedur kosmetik yang digunakan untuk mengganti gigi yang hilang, yakni dilakukan dengan memasukkan sekrup titanium kecil ke rahang di tempat gigi yang hilang sebagai pendukung mahkota gigi. Implan gigi adalah prosedur yang menghasilkan hasil amat alami hingga tak bisa dibedakan dengan gigi alami di sekitarnya.

Sebab implan akan membuat menyatu, antara tulang dan jaringan pendukung serta menjadi permanen di tempatnya. Tentu saja pasien harus rajin melakukan perawatan kebersihan gigi dan mulut dengan rajin agar terhindar dari plak plak serta puing puing sisa makanan sehingga implan gigi dapat bertahan lama dan efektif digunakan sepanjang waktu.

Nah sobat pembaca, itulah 5 tipe dalam prosedur kosmetik kedokteran gigi dimana tindakan dilakukan untuk memperbaiki kondisi gigi sekaligus meminimalisir buruknya penampilan yang ditimbulkan akibat terapi atau penyakit gigi sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang lebih alami dan mampu menutup kekurangan dengan sempurna.

Tentunya tiap orang memang menginginkan penampilan yang terbaik namun dalam memilih berbagai prosedur kosmetik kedokteran gigi tersebut tetap harus diperhatikan sesuai kebutuhan dan kesehatan, tidak hanya berdasar karena ingin tampil sempurna. Setuju ya sobat?

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat pembaca semua dan dapat menjadi panduan agar sobat pembaca menjalankan berbagai prosedur perawatan gigi sesuai kebutuhan serta pada waktu yang tepat. Terima Kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup