25 Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi termasuk sesuatu yang penting. Hal yang pertama yang menarik perhatian ketika kita memandang wajah seseorang ketika dia tersenyum. Pemandangan indah akan kelihatan saat gigi yang rapi, putih dan bersih bersinar seperti sebuah kilauan. Gigi seperti ini biasanya dimiliki oleh orang yang rajin merawatnya seperti menyikat gigi ketika akan tidur dan membersihkan celah-celahnya dengan benang gigi (Dental Floss). Menghindari makanan yang cepat merusak gigi seperti makanan terlalu dingin atau terlalu panas. Atau juga tembakau pada rokok yang mengandung nikotin, minuman berkafein seperti teh, kopi dan coklat.

Warna kuning dapat disebabkan oleh minuman berenergi karena minuman ini bersifat korosif yaitu mengandung gula dan asam juga dapat menimbulkan perubahan warna kuning pada gigi. Termasuk disini adalah anggur putih (White Wine). Anggur ini menyebabkan pengikisan gigi dan meninggalkan noda kuning pada gigi.

Beberapa obat seperti obat tetes mata termasuk penyebab gigi kuning karena kandungan obatnya yang menyebabkan air liur berkurang. Hal lain yang dapat menyebabkan gigi kuning yakni berenang, disebabkan oleh kandungan klorin pada air kolam renang.

Beberapa penyakit seperti diabetes juga menyebabkan kuning pada gigi. Ditambah lagi penambahan usia dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain itu obat pemutih gigi juga merupakan factor penyebab gigi kuning permanen karena cara kerjanya mengikis lapisan gigi.

Teh herbal termasuk penyebab gigi kuning kecuali teh hijau karena teh hijau justru dapat menekan bakteri memproduksi asam sehingga mencegah gigi kuning.

Padahal gigi bawaan manusia itu aslinya berwarna putih. Warna putih ini terdiri dari lapisan transparan enamel gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada diantara enamel dan dentin. Beberapa obat anti biotik juga bisa menyebabkan berubahnya warna gigi. Biasanya gigi menjadi seperti berwarna coklat muda.

Sebaliknya malas menggosok gigi membuat gigi kotor dan cepat berlubang. Pertama terbentuk material atau senyawa diantara lapisan enamel dan dentin yang semakin lama senyawa tersebut bisa terakumulasi dalam gigi dan menyebabkan gigi kuning. Tumpukan ini akan semakin lama semakin banyak jika tidak langsung dibersihkan. Gigi kotor juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi bakteri perusak. Bakteri-bakteri ini menjadikan gigi kotor itu habitat yang baik untuk tumbuh kembang. Sambil makan mereka juga melakukan perusakan pada gigi dan menimbulkan bau mulut.

Tips memutihkan gigi  

Ada dua metode pemutihan gigi. Pertama dengan cara alami dan cara modern. Tulisan ini merupakan gabungan kedua metode itu. Cara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam. Kita dapat membuatnya sendiri. Metode ini merupakan metode yang mudah dan murah.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapaBahan yang mudah didapat. Bahkan anda dapat membuatnya sendiri. Minyak ini merupakan ekstrak daging buah kelapa. Cara membuatnya daging buah kelapa diperas dan dipanaskan sambil terus diaduk sampai minyak mengapung di atasnya dan dibawahnya kotoran akan mengendap.

    1. Minyak ini akan diambil dan dapat langsung digunakan atau anda bisa mendapatkan di toko yang menjual dengan kode VCO atau Virgin Coconut Oil. Minyak ini mengandung lemak yang bermanfaat karena terbuat dari Medium Chain Triglycerudes (MCTs).

Untuk dapat memutihkan gigi, caranya ambil satu sendok makan minyak kelapa. Langsung oleskan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian keluarkan dari mulut dan bilaslah mulut dengan air bersih. Cara ini hampir tidak menimbulkan efek samping.

2. Siwak

siwakSiwak merupakan dahan atau bagian dari pohon siwak. Penelitian Allafi dan Albabne tahun 1955 menemukan ranting atau batang kayu siwak mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Mineral ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, dan mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gusi.

Pada siwak terdapat anti bacterial acid seperti astringents, abrasive dan detergent. Zat inilah yang membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Ketika pertama kali digunakan kayu siwak akan menimbulkan rasa pedas dan terasa terbakar karena mengandung mustard. Selain itu mengandung zat kimiawi seperti klorida, potassium, sodium bicarbonate, fluoride, silica, sulfur, vitamin C, trimetilamin, salvadorin, tannin dan beberapa mineral yang berguna untuk membersihkan, memutihkan gigi, serta menyehatkan gusi. Kandungan batang siwak juga dapat digunakan untuk bahan penyusun pasta gigi.

Siwak juga mengandung minyak aroma alami yang dapat menghilangkan rasa bau pada mulut sehingga nafas menjadi segar. Enzim pada siwak bermanfaat mencegah terbentuknya plak atau karang gigi sehingga mengurangi radang gusi dan gigi tanggal prematur.

Kayu siwak juga mengandung anti decay agent (zat anti pembusukan) dan anti germal system. Fungsi zat ini mirip penisilin yang bekerja mengurangi bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan, membentuk saliva salah satu organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

Siwak ini telah digunakan sejak peradaban Mesir kuno. Dilanjutkan oleh peradaban Islam. Nabi Muhammad melanjutkan tradisi ini, karena selalu membersihkan giginya dengan siwak. Caranya ambil siwak yang terksturnya lembut. Siwak ini kemudian dihaluskan dan dicampur air, lalu dioles ke gigi. Lima menit kemudian berkumur. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

3. Garam dan Lemon

garam dan lemonGaram mengandung yodium, pasphor, cobalt, kalsium, kalium, zinc, sulfur dan belerang sedangkan lemon mengandung pectin, minyak atsiri 70%, alpha terpinen, beta pinene, citral felandren, koumarins, bioflavonoids geraniol asetat, asam citratrinalil asetat dan nutrisi vitamin A, B, B2, Vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, serat protein.

Bahan ini mudah di dapat dan merupakan perpaduan yang bagus karena garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami yang mengikis noda pada gigi ditambah lemon yang mengandung asam sehingga mempercepat pengelupasan noda pada lapisan luar gigi.

Caranya campurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon. Kemudian gosoklah campuran tersebut pada gigi lalu diamkan beberapa menit dan terakhir bilas dengan air bersih hangat. Kulit lemon juga bisa digunakan. Caranya langsung saja gosokkan bagian dalam kulit lemon pada gigi lalu biarkan beberapa menit untuk selanjutnya gigi dan mulut dibilas dengan air bersih.

4. Baking Soda

baking sodaBaking soda (soda kue) merupakan bahan untuk membuat kue. Senyawa ini nama kimianya sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat. Senyawa ini termasuk kelompok garam yang bersifat basa, korosif dan abrasif ringan sehingga karena sifatnya ini baking soda dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Penggunaan yang tepat dapat juga menghilangkan kotoran dan plak pada gigi. bahkan ramuan baking soda ini dapat menjangkau kotoran yang berada pada celah-celah gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut juga dapat mencegah penyakit gigi dan gusi.

Caranya tuangkan beberapa sendok teh baking soda, kemudian tambahkan sedikit air aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan ramuan ini pada sikat gigi dan sikatlah permukaan gigi secara merata. Untuk kotoran yang terlalu pekat diamkan selama 2 menit. Sesudah itu gosoklah noda agak kuat. Dapat juga keringkan gigi dengan kain kasa kemudian oleskan soda. Sikatlah gigi seperti biasa menyikat gigi.

Cukup selama dua menit saja. Setelah itu berkumur sampai bersih. Gunakan ramuan ini satu atau dua kali dalam sebulan karena jika terlalu sering akan mengikis dan merusak gigi karena bahan ini merupakan bahan kimia sintetis. Enamel gigi akan mengalami penipisan sehingga gigi menjadi transparan dan berubah gelap. efek korosi juga mengakibatkan gigi mudah rapuh dan keropos.

Efek baking soda yang terbaik ada pada pasta gigi yang sudah mengandung baking soda karena telah melalui uji klinis sehingga layak digunakan.

5. Jus Lemon dan Baking Soda

baking soda dan jus lemonLemon mengandung asam sitrat. Asam sitrat inilah yang bergunakan untuk memutihkan gigi. Sedangkan baking soda bekerja sepeti scrub yang dapat mengangkat kotoran yang halus sekalipun yang berada pada celah-celah gigi .

Perpaduan dua bahan ini sebagai pengikat dan penyimbang zat asam yang ada di lemon sehingga tak menyebabkan kerusakan pada gigi. Daya kerja baking soda yang cepat menghilangkan noda kuning ditambah jus lemon yang mengandung vitamin C lebih mempercepat pemutihan gigi. Hasilnya gigi pemenjadi putih dan berkilau.

Cara penggunaannya cukup sederhana. Ambil beberapa sendok teh baking soda campurkan dengan sedikit jus lemon, kemudian aduk rata sehingga berbentuk pasta, oleskan di sikat gigi. Sikat gigi seperti biasa menyikat gigi, kemudian diamkan selama 1 menit. Selanjutnya bilas gigi sampai bersih.

Penggunaan ini cukup 1 kali sebulan sja karena penggunaan yang terlalu sering dapat merusak permukaan gigi dan gusi karena sifat baking soda yang abrsasif. Sedangkan lemon adalah buah yang mengandung asam cukup tinggi, hal ini dpat merusak permukaan gigi dan terjadi erosi apabila gigi terlalu lama kontak dengan cairan lemon ini. akibatnya gigi menjadi ngilu dan sensitif.

6. Strawberry

strawberryVitamin C, asam malat dan serat pada strawberry berguna untuk mengikis noda pada gigi.. Zat ini juga dapat menghambat perkembangan bakteri streptococcus yang sering terdapat di dalam mulut.

Bakteri streptococcus inilah yang memunculkan plak, juga membuat gigi berlubang atau kariers gigi. Dengan memakan buah strawberry bakteri ini terhambat perkembangan dan pembentukannya. Kegiatan ini juga mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Pada buah ini juga terdapat Ellagic. Ellagic yang berada dalam vitamin C juga berfungsi membantu memutihkan gigi. Disamping itu stroberry mengandung asal malat yang cukup tinggi. Asam malat juga membantu mengikis dan menghilangkan noda pada gigi, sehingga gigi menjadi lebih putih.

Cara menggunakannya sangat mudah. Bisa dengan mengunyah buah strawberry seperti biasa anda makan buah ini atau gosokkan strawberry pada gigi, diamkan beberapa menit lalu berkumur. Bisa juga dengan menghaluskan satu buah strawberry kemudian dicampur dengan satu sendok teh baking soda lalu tinggal dioleskan langsung ke gigi selama dua menit. Bersihkan dengan air hangat, lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

Baca : Makanan yang Dapat Merusak Gigi

7. Buah Apel

buah apelNama keren buah apel ini malus domestika. Kandungan asam, serat dan anti oksidan pada apel ini dapat menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi dan memutihkannya.

Selain itu kandungan asam alami dan senyawa astringent pada apel dapat meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk membunuh bakteri yang merusak gigi. dan senyawa asam pada apel ini ikut juga menghilangkan plak dan warna kuning yang terdapat pada gigi.

Caranya sangat mudah, cukup dikunyah saja. Serat-serat pada buah ini berfungsi sebagai sikat gigi yang membantu menggosok kotoran yang berada di permukaan gigi.  Mengunyahnya lebih lama lebih baik dan selanjutnya sikat gigi anda setelah mendiamkannya selama 30 menit untuk menghilangkan sisa gula yang berasal dari apel yang masih menempel di gigi.

8. Sayuran

sayuran mentahBanyak sayuran yang dapat dimakan mentah. Di Indonesia terkenal namanya dengan lalapan. Salah satu nya adalah wortel dan tomat. Sayuran ini mengandung vitamin dan zat yang berfungsi menghilangkan noda yang ada di gigi sekaligus memutihkan gigi. Sayuran juga tidak menimbulkan efek samping pada gigi. Bahkan akan membuat tubuh anda menjadi sehat secara keseluruhan.

Caranya kunyahlah sayuran mentah beberapa menit sekali dalam sehari dan bersihkan mulut dan gigi. Cara ini digunakan setiap hari karena hasil akan diperoleh sesudah dilakukan berkali-kali. Kelebihan lainnya cara ini hampir tidak menimbulkan efek samping. Selain dapat memutihkan gigi sayuran juga dapat menguatkan gigi baca : Makanan yang dapat menguatkan gigi

9. Buah Pinang

bubuk buah pinangDari penelitian yang dilansir oleh “The Merck Index” buah pinang mengandung arecoline turunan ester metil, tetrahidrometil, nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Ada juga arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine dan tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol.

Astringent dan hemostatic yang berasal dari tannin inilah yang berguna untuk memutihkan gigi, menyehatkan dan mengencangkan gusi. Fungsi lainnya menghentikan pendarahan pada gusi.

Caranya buah pinang dibakar terlebih dahulu sampai hangus lalu dihaluskan. Ambil buah pinang yang telah halus dan gosokkan pada gigi. Gunakan sabut pinang sebagai sikat gigi. Metode ini digunakan 2 kali seminggu.

10. Hidrogen Peroxida

hydrogen peroxideBahan baku untuk membuat hidrogen peroxida adalah gas hidrogen (H2) dan gas Oksigen (O2). Biasanya zat ini digunakan untuk memutihkan makanan. Dapat diperoleh di toko bahan kimia. Gunakan hydrogen peroxide yang food grade atau aman dikonsumsi. Biasanya larutan yang brkonsentrasi 3% sehingga aman untuk penggunaan oral. Hidrogen peroksida dapat diunakan dengan baik karena tidak mengikis gigi.

Cara menggunakannya langsung saja oleskan hydrogen peroxide pada gigi biarkan beberapa menit lalu bersihkan gigi atau gunakan untuk berkumur-kumur. Reaksi di mulut akan kelihatan gelembung-gelembung sehingga berbentuk buih. Buang gelembung terserbut, lalu sikatlah gigi anda seperti biasanya. Kemudian bilas dengan air bersih. Cukup lakukan seminggu sekali. Jika tertelan hubungi dokter.

11. Garam dan Minyak Mustard

garam dan minyak mustardMinyak mustard ini mengandung 6% asam omega 3 dan 15% omega 6, linoleat. Minyak ini juga mengandung vitamin E serta mengandung betacaroten dan vitamin A dan garam yang mengandung yodium, pasphor, cobalt, kalsium, kalium, zinc, sulfur dan belerang.Campuran bahan ini dapat memutihkan gigi dan membersihkan gigi dari plak yang menempel pada gigi.

Caranya tuang minyak mustard dan garam di wadah yang terpisah. Celupkan sikat gigi ke dalam minyak mustard kemudian baru ke dalam garam, ketika sudah tertempel garam baru sikat gigi anda. Atau tempelkan bahan ini dijari dan gosokkan jari anda yang sudah diolesi pada gigi. Dapat juga menggunakan kapas. Diamkan beberapa menit lalu bilaslah gigi anda. Cukup dua kali seminggu.

12. Kulit Jeruk

 lemonKulit jeruk banyak mengandung vitamin C. Pada kulit jeruk juga ada 15% – 25% zat pektin dari berat kering. Zat ini akan lebih banyak lagi pada kulit jeruk bali. Zat ini merupakan zat yang mudah larut dari kelompok polisakarida yang heterogen dengan berat molekul tinggi.

Kulit jeruk juga mengandung minyak eteris yang merupakan minyak esensial yang terdapat pada minyak nabati. Minyak asitri dapat berfungsi sebagai antibiotik yang sangat aktif terhadap mikroba seperti bakteri dan virus.

Caranya keringkan kulit jeruk. Kemudian blender sampai halus. Ambil kulit jeruk yang telah halus campurkan dengan air lalu langsung dioleskan pada gigi. Diamkan selama tiga menit dan dapat langsung dibilas. Lakukan cara ini dua kali dalam seninggu.

13. Kulit Pisang

pisangKulit pisang mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti oksidan, kalsium, vitamin B kompleks seperti vitamin B, minyak nabati, serat serotonin, senyawa asam salisilat dan asam sitrat. Unsur-unsur inilah yang berguna untuk tubuh dan memutihkan gigi.

Caranya ambil kulit pisang lalu gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi selama lima menit pada gigi. Diamkan sebentar dan bersihkan gigi dengan tisu lembut selanjutnya gosok gigi seperti biasanya. Lakukan langkah ini secara rutin selama selama seminggu atau dua minggu.

14. Daun Mimba

daun mimbaDaun mimba mirip dengan daun kedondong. Bentuknya kecil dan bergerigi, rasanya pahit. Daun ini tipis, berbentuk spiral dan menumpuk diujung rantai. Jumlah anak daun genap antara 8-16 helai.

Panjang daun 3-10.5 cm, diambil ekstrak minyaknya sesudah dicuci bersih. Mimba juga mengandung astringent dan antiseptik. Manfaat lainnya menghilangkan bau nafas dan mencegah gigi berlubang.

Caranya campur ekstrak minyak daun nimba dengan pasta gigi lalu gosok seperti biasa selama 3 – 5 menit. Lalu bersihkan dengan cara menggosok gigi dan berkumur-kumur. Lakukan ketika bangun tidur, siang hari dan menjelang tidur. Kalau sudah berhasil cukup dua atau tiga kali dalam seminggu.

15. Daun Salam dan kulit jeruk kering

daun salam dan kulit jeruk keringDaun salam mengandung serat, minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan ekstrak ethanol. Semua senyawa ini berguna untuk gigi, gusi dan mulut.

Cara menggunakannya sederhana saja. Haluskan kulit jeruk kering dan daun salam kering kemudian ayak. Tambahkan air pada kedua campuran ini lalu aduk hingga membentuk pasta.

Selanjutnya gunakan seperti menyikat gigi. Bersihkan gigi anda sesudah menggunakan adonan ini. Lakukan kegiatan ini selama dua minggu. Cara ini hampir tidak menimbulkan efek samping.

16. Cuka Sari Apel

cuka sari apelNama latinnya apple cider vinegar berasal dari sari buah apel yang difermentasi. Zat yang terdapat dalam larutan ini dapat membunuh berbagai bakteri peneybab gigi kuning, gigi keropos dan juga gigi berlubang.

Larutan ini juga dapat menghilangkan noda yang bersal dari kafein. Kafein terdapat pada pada teh dan kopi juga dapat menghilangkan noda yang bersal dari nikotin dalam rokok.

Caranya siapkan sari sari cuka apel dan kapas bersih. Celupkan kapas atau bisa juga sikat gigi ke dalam cairan selama 3 menit dan gosok gigi anda dua kali sehari. Sesudah sikat kembali gigi anda dengan sikat gigi seperti biasanya. Dan berkumurlah dengan air bersih. Gigi akan putih dengan cepat. Lakukan perawatan ini selama sebulan. Jangan terlalu sering karena akan menimbulkan rasa ngilu pada gigi.

17. Arang Kayu

arang kayuBahan yang biasanya dibuat untuk membakar sate ini ternyata arang mengandung senyawa karbon aktif yang bersifat alkali. Sehingga daerah sekitar arang menjadi basa. Sifat basa inilah yang dapat digunakan memutihkan gigi.

Caranya haluskan arang kayu atau arang batok. Ambil sedikit arang halus dan campur dengan air. Langsung oleskan saja pada gigi selanjutnya bersihkan gigi dengan air hangat. Kemudian bersihkan daerah mulut dan gigi anda dengan air dengan cara berkumur kumur. Kembali sikat gigi anda dengan pasta gigi untuk membuang sisa arang.

Lakukan langkah ini cukup dua kali dalam sebulan karena bila terlalu sering dapat merusak lapisan pelindung gigi sehingga membuat gigi menjadi sensitive.

18. Sikat Gigi

menyikat gigiSetelah makan jangan langsung menyikat gigi karena akan merusak gigi. Tunggu dulu kurang lebih tiga puluh menit sehingga makanan yang manis atau asam tidak kembali pada gigi sesudah gigi di gosok. Intinya menghilangkan dulu rasa asam dan manis tersebut.

Hal ini juga memberi kesempatan kepada saliva (air liur) membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan mengutip Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)

Didalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer effect (penyeimbang). Ketika makan pH normal saliva akan berubah dari 6,8 menajdi 4. Nah jika langsung sikat gigi struktur alami saliva ini akan rusak dan mengganggu proses pencernaan.

Menyikat gigi sebelum 30 menit selesai makan juga akan merusak gigi. apalagi sesudah meminum atau memakan makan yang asam. Karena asam ini akan membakar enamel gigi dan lapisan bawahnya (dentin). Juga akan menimbulkan asam tinggi pada gigi sehingga terjadi pengikisan (korosi) yang merusak gigi.

Lebih bagus jika selesai makan berkumur dengan air putih hangat akan mengembalikan saliva di mulut menjadi normal sehingga bisa menjaga email gigi.

Baca : Bahaya Obat Kumur

19. Air Putih

Air putih sangat ampuh untuk membersihkan gigi sesudah meminum air berwarna. Minuman berwarna biasanya membuat gigi kusam dan kotor. Rajinlah minum air putih sesudah meminum air berwarna  atau gunakan untuk berkumur-kumur.

20. Coklat Hitam

Coklat hitam yang digunakan adalah coklat hitam yang tidak mengandung kadar gula. Di dalam coklat hitam terdapat zat dapat memperkuat lapisan gigi dan memutihkan gigi. Jangan lupa untuk tidak berlebihan karena akan berefek samping kegemukan serta dapat merusak gigi. Caranya konsumsi coklat hitam, atau gosokkan coklat hitam di gigi, kemudian diamkan beberapa menit. Kemudian gosoklah gigi dengan pasta gigi. Selanjutnya bilaslah dengan air bersih.

21. Jahe

Jahe mengandung zat yang dapat memutihkan gigi dan mengobati sakit gigi. Zat yang terdapat pada jahe dapat emnghilangkan noda kuning pada gigi dan mencerahkan gigi.

Caranya parut jahe, buat menjadi pasta, kemudian gosokan pada gigi yang kuning selama 3 menit dan selanjutnya bersihkan dengan air atau gosok kembali gigi dengan pasta gigi. Gunakan secukupnya karena dapat menimbulkan efek pedas.

22. Permen karet tanpa gula

Permen karet mengandung zat yang dapat membunuh bakteri dalam mulut dan gusi sehingga bau mulut menjadi hilang. Mengunyah permen karet dapat membuat gigi menjadi bersih dan sehat. Namun permen karet yang digunakan harus yang tanpa gula, karna permen karet yang mengandung gula justru dapat merusak gigi. Jangan lupa menyikat gigi setelah mengunyah permen karet dan membilasnya dengan air bersih.

23. Minyak Cengkeh

Nama ilmiahnya Eugenia aromaticum atau Eugenia caryophyllata. Eugenol inilah yang memebri aroma pada minyak cengkeh. Minyak ini diekstrak dari cengkeh dengan kandungan 72-90%. Minyak atsiri, eugenin, asam oleanolat, asam galatanat dan vanillin yang terdapat pada cengkeh berguna untuk mengobati sakit gigi dan memutihkan gigi.

Caranya cukup mudah. Oleskan minyak cengkeh ini pada gigi dan gosoklah dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu bersihkan gigi anda dengan cara menyikat gigi dan berkumur dengan air bersih.

24. Obat Kumur

Obat kumur dapat membuat gigi menjadi putih karena membunuh bakteri dan membersihkan plak yang ada pada gigi. Fungsi lainnya adalah memebrsihkan kotoran yang tidak bisa dibersihkan pasta gigi biasa. Obat ini juga membuat nafas menjadi segar.

Caranya sikat gigi dulu kemudian baru gunakan obat kumur. Sebaiknya menggunakan obat kumur yang tidak berwarna karena obat kumur yang berwarna justru menyebabkan gigi menjadi semakin gelap sedikit demi sedikit.

25.Susu

Gunakan susu plain atua susu tanpa tambahan rasa dan pewarna dapat emmbantu gigi tetap putih dan mencegah gigi kuning karena susu banyak mengandung mineral dan kalsium yang berguna untuk pembentukan gigi yang kuat. Zat warna dalam susu bisa menghilangkannoda yang menempel pada enamle gigi dan mengembalikan warna alami gigi. Kekurangan kalsium akan diambil tubuh dari gigi dan ini mengakibatkan gigi dan tulang menjadi keropos dan patah. Susu juga mengandung fosfor dan magnesium yang penting untuk gigi.

Caranya hanya dengan banyak mengkonsumsi susu minimal dua kali sehari. Minum susu yang tidak terlalu pas dan tidak terlalu dingin karena suhu tersebut justru dapat merusak gigi.

Tips menjaga gigi putih alami :

  1. Saat meminum kopi, teh, atau minuman bersoda sebaiknya lansung diteguk agar tidak meninggalkan noda pada gigi lebih baik menggunakan sedotan.
  2. Biasakan menyikat gigi atau minimal berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman/makanan yang berpotensi meninggalkan noda pada gigi.
  3. Rutin mrengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bertekstur renyah, misalnya apel, ketimun, wortel, atau brokoli. Makanan ini dapat mencegah menumpuknya plak yang menyebabkan gigi terlihat kusam. Tetapi jangan makan buah-buahan dan sayuran yang keras karena akan mengakibatkan gigi goyang. Jika sudah terlanjur goyang maka ikuti tips atau Cara Mengatasi Gigi Goyang
  4. Hindari makanan yang manis karna bakteri dalam mulut sangat menyukai makanan manis atau yang mengandung gula.
  5. Hindari makan dengan suhu yang tak wajar, seperti masih panas atau terlalu dingin dapat merusak Enamel gigi.
  6. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara teratur setiap habis makan dan sebelum tidur.
  7. Bila perlu gunakan obat kumur setelah menggosok gigi sebagai finishing dalam memebersihkan gigi dan mulut juga sebagai penghancur kuman penyebab plak gigi.
  8. Jika gigi sudah terlanjur kuning lakukan tips di atsas agar gigi kembali putih alami.

Gigi adalah satu-atunya bagian eksoderm yang tidak bisa bertumbuh atau memperbaiki diri sendiri. Sekali hilang maka selamanya hilang. Anda bisa mewarnai rambut, menindik kulit, merusak kuku atau mencukur alis, tapi semua itu akan kembali (seperti semula) – maples.

Maka rawatlah gigi anda sebelum hilang selamanya.