Sponsors Link

Tumor Jinak Pada Gusi – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Apakah tumor itu? Tumor di sebut juga barah adalah suatu neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya dan mirip dengan simtoma bengkak. Dalam bahasa latin tumor (tumere) yang berarti bengkak.

ads

Tumor dalam pertumbuhannya dapat di golongkan menjadi 2 bagian, yaitu tumor ganas (malignan) dan tumor jinak (benign). Tumor ganas disebut juga kanker yang sifatnya menyerang dan merusak jaringan juga menciptakan benih. Tumor jinak tidak menyerang jaringan, tidak menyebarkan benih, dan tidak kembali setelah dibuang melalui operasi, namun tumor jinak dapat tumbuh membesar.

Gusi(gingiva) adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang maksila dan mandibula di dalam rongga mulut.Tumor jinak pada gusi adalah benjolan atau pembengkakan yang terjadi atau terdapat pada gusi.

Penyebab Tumor Jinak Pada Gusi

Tumor jinak pada gusi penyebab pastinya tidak diketahui sampai saat ini, namun beberapa faktor dibawah ini diketahui mempunyai kaitan dengan munculnya tumor tersebut, antara lain:

  1. Faktor Genetik atau Keturunan

Faktor genetik juga mempengaruhi munculnya tumor jinak, namun tidak banyak hanya 5 – 10% saja.

  1. Faktor Makanan

Diet yang buruk, membuat tubuh kekurangan zat – zat penting yang dibutuhkan, dan makanan – makanan yang keras yang dapat mengiritasi dan menimbulkan luka pada gusi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya tumor jinak pada gusi.

  1. Faktor Kebiasaan Buruk

Faktor yang paling berpengaruh adalah kebiasaan buruk yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh seperti, merokok, minum minuman beralkohol, mengkonsumsi obat – obatan terlarang dan obat yang tidak dianjurkan oleh dokter, inveksi HIV, stress dan kurang berolahraga. Hal – hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap kestabilan hormon di dalam tubuh termasuk bagian mulut dan gusi.

  1. Faktor Trauma atau Luka

Pernah mengalami kecelakaan, luka, cedera, dan trauma yang tidak ditangani dengan baik dapat meninggalkan sisa luka dan memicu munculnya tumor jinak.

  1. Faktor Kurang Menjaga Kebersihan

Faktor kurang menjaga kebersihan rongga mulut adalah faktor yang paling mungkin terjadinya tumor jinak pada gusi. Seperti yang kita ketahui, mulut yang setiap hari kita gunakan untuk memasukkan makanan kedalam tubuh kita merupakan sumber tempat bakteri, nah bagaimana jika kita malas membersihkannya? Atau kita bersihkan dengan terburu – buru dan kurang hati – hati? Seperti contohnya menyikat gigi dengan terburu – buru yang mengakibatkan terjadinya luka, atau mencongkel gigi sehingga mengakibatkan luka, semua ini dapat menjadi penyebab munculnya tumor jinak pada gusi.

Sponsors Link

Taukah anda pentingnya menggosok gigi? Malas menggosok gigi dapat mengakibatkan terjadi penumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam pada ujung gigi antara gigi dan gusi dapat menyebabkan radang gusi atau gingivitis. Apalagi jika sampai terjadi infeksi.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti paparan zat beracun atau bahan kimia contohnya nikel, asbes, dsb. Begitu juga paparan sinar radiasi seperti sinar ultraviolet, sinar radiasi radiologi, dsb.

ads

Gejala Tumor Jinak Pada Gusi

Gejala tumor jinak pada gusi dapat bermacam – macam, antara lain:

  • Terdapat benjolan pada gusi
  • Terjadi peradangan, bengkak dan mengakibatkan rasa nyeri pada gusi.
  • Terjadi pendarahan pada gusi.
  • Terasa sakit saat sikat gigi, mengunyah, menelan dan berbicara.
  • Bau mulut yang sangat kuat, bisa sebagai pertanda adanya infeksi pada gusi

Cara Mengatasi

Beberapa cara mengatasi tumor jinak pad gusi, antara lain:

  1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dan benar dapat mencegah munculnya tumor jinak pada gusi dan penyakit mulut yang lainnya.Seperti pentingnya mengetahui bagaimana cara menyikat gigi dengan benar.

  1. Meninggalkan Kebiasaan – Kebiasaan Buruk

Meninggalkan kebiasaan – kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan mengkonsumsi obat – obatan dapat menghindarkan anda dari penyakit – penyakit mematikan lainnya, begitu juga penyakit tumor jinak pada gusi. Gantilah dengan kebiasaan yang dapat mendatangkan kebaikan pada kehidupan anda dan kesehatan pada tubuh anda.

  1. Menjaga Makanan

Makanlah makanan yang sehat yang dibutuhkan oleh tubuh anda seperti makanan – makanan yang masih segar, makanan yang tidak terlalu keras, makanan yang tidak terlalu manis, dan makanan yang banyak mengandung zat – zat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

  1. Pembedahan

Biasanya tumor jinak hanya membutuhkan pengamatan dokter saja untuk memantau apakah menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh yang lainnya. Namun apabila di rasa semakin besar dan mengganggu fungsi tubuh yang lain, maka harus di lakukan pembuagan dengan cara pembedahan dengan tidak merusak jaringan yang ada di sekitar tumor tersebut.

  1. Mengunjungi Dokter

Rutin berkonsultasi kedokter minimal 6 bulan sekali dapat mencegah penyakit gigi dan mulut yang tidak terduga, karena dokter dapat segera mendiagnosa penyakit yang muncul sehingga dapat di cegah lebih awal. Dokter juga dapat memberi saran, merawat dan melakukan tindakan yang tepat dengan segera. Agar tidak sampai terjadi kanker gigi gusi, anda dapat juga mengetahui ciri – ciri kanker gusi dan ciri – ciri kanker mulut.

Tumor jinak pada gusi yang telah dibahas pada ulasan singkat diatas,semoga dapat menambah wawasan dan mengatasi rasa kekhawatiran anda. Langkah tepat untuk memastikannya adalah memeriksakannya ke dokter.

Demikianlah informasi singkat tentang tumor jinak pada gusi kali ini, dan nantikan informasi – informasi informatif lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut dari Halogigi.com. Tetaplah menjaga kebersihan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini