Sponsors Link

Waspadai Sakit Gigi saat Hamil ! Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Masa kehamilan adalah masa yang cukup penting, dimana ibu dan bayi hidup dalam satu siklus yang penting untuk dijaga. Namun tidak dipungkiri ibu hamil justru lebih sering mengalami masalah. Mulai dari morning sickness, hingga masalah lainnya. Tidak sedikit juga ibu hamil yang mengalami sakit gigi. Waspadai sakit gigi saat hamil, rupanya sakit gigi saat hamil merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai. Mengapa? Simak penjelasannya berikut ini.

ads

Penyebab Sakit Gigi ketika Hamil

Sakit gigi saat hamil bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya sebagai berikut.

  • Gigi yang rusak, seperti misalnya gigi berlubang. Gigi berlubang ini menjadi lebih sensitif ketika masa kehamilan, sehingga jika ada sisa makanan atau cara menggosok gigi tidak sempurna, gigi akan lebih mudah sakit. Jika ibu hamil memiliki riwayat gigi berlubang sebelum hamil, maka sakit gigi saat hamil bisa terjadi.
  • Peradangan pada gusi, dimana gusi menjadi lebih sensitif sehingga bakteri lebih mudah menginfeksi dan menyebabkan peradangan di rongga mulut. Peradangan pada gusi ini jika terjadi cukup parah maka bisa membuat sakit gigi, bahkan pipi bengkak. Selain itu juga bisa menyebabkan gusi berdarah.
  • Posisi gigi yang salah, dimana gigi tidak memiliki posisi yang normal, misalnya miring atau tumbuh gigi baru. Sakit gigi karena hal ini bisa terjadi di luar masa kehamilan, namun saat masa kehamilan, bisa juga terjadi dan perlu untuk diatasi secepatnya.
  • Perubahan hormon saat hamil, bisa juga menyebabkan sakit gigi atau masalah mulut lainnya. Hormon saat hamil memang bisa mempengaruhi segala aspek kehidupan ibu hamil, sehingga menjadi lebih mudah mengalami keluhan fisik, termasuk sakit gigi.
  • Rongga mulut tidak bersih, yang menyebabkan bakteri bisa mudah menginfeksi gusi maupun gigi berlubang dan menyebabkan berbagai Jenis Jenis Penyakit Gigi. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan bisa menghasilkan rasa sakit yang luar biasa bagi ibu hamil.
  • Efek morning sickness, dimana ibu hamil akan lebih sering muntah. Muntahan ibu hamil yang bercampur asam lambung bisa membuat gigi lama-lama tergerus oleh asam lambung itu sendiri. Sehingga bisa menyebabkan gigi lebih sering sakit dan ngilu.

Bahaya Sakit Gigi ketika Hamil

Mengapa kita perlu waspadai sakit gigi saat hamil? Jawabannya adalah karena sakit gigi ketika hamil ternyata bisa bepengaruh kepada janin juga. Berikut ini hal-hal yang bisa berpengaruh dan berbahaya bagi ibu hamil dan janin dari sakit gigi.

  • Sulit makan

Ibu hamil yang memiliki masalah pada rongga mulut, seperti sakit gigi atau gusi, maka tentu akan muncul rasa sakit jika harus mengonsumsi sesuatu. Hal ini menyebabkan ibu hamil malas makan. Padahal, gizi ibu hamil tetap perlu dijaga dari makanan-makanan yang sehat selama masa kehamilan. Jika asupan makanan tidak dijaga, maka janin akan mengalami kekurangan nutrisi harian dan berpengaruh pada daya kembang tubuhnya.

Sponsors Link

  • Obat sakit gigi

Kebanyakan ibu hamil yang sudah tidak tahan akan rasa sakit dari gigi atau gusi akan memutuskan untuk mengonsumsi obat sakit gigi. Sayangnya, masalah obat ini tidak dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan atau dokter gigi. Sehingga obat sakit gigi yang dikonsumsi tidak jelas keamanannya. Hal ini juga cukup berbahaya bagi janin. Karena senyawa kimia dari obat itu kita tidak pernah tahu, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Efeknya bisa fatal, misalnya anak lahir autis, dan sebagainya.

ads

Cara Mengatasi Sakit Gigi ketika Hamil

Sudah sepantasnya sakit gigi ketika hamil segera diatasi agar janin dan ibu bisa kembali mengonsumsi makanan sehat dan terhindar dari bahan kimia dari obat sakit gigi ibu. Namun, cara mengatasi sakit gigi ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada baiknya menggunakan cara-cara alami dan direkomendasikan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan secara aman oleh ibu hamil.

  • Berkumur dengan larutan garam

Larutan garam yang hangat bisa dijadikan obat kumur alami. Hal ini dikarekanan garam memiliki senyawa yang bisa membantu mengusir bakteri yang ada. Garam juga bisa membantu mengatasi sakit gusi yang disebabkan oleh tumpukan bakteri pada rongga mulutnya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan rongga mulut dengan Pasta Gigi untuk Ibu Hamil yang aman.

  • Mengompres pipi yang bengkak

Pipi yang bengkak biasanya menjadi satu gejala sakit gigi yang umum ditemui. Hal ini dikarenakan peradangan sudah membuat pembengkakan dan pasti rasanya sangat sakit. Untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit itu, ibu bisa mengompres pipi dengan air dingin.

  • Menggunakan obat oles alami

Obat oles juga bisa diaplikasikan pada bagian gusi atau gigi ibu hamil yang sakit. Tujuannya untuk mengusir bakteri, meredakan peradangan, dan juga mempercepat kesembuhan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan ada banyak dan aman bagi ibu hamil, seperti minyak cengkeh, bawang putih, atau madu.

  • Berkonsultasi dengan dokter

Cara berikutnya untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil juga bisa dengan berkonsultasi pada dokter, baik itu dokter kandungan atau dokter gigi. Dokter akan membantu memberikan rekomendasi dan Perawatan Gigi Untuk Ibu Hamil yang tepat dan relatif aman, baik bagi ibu maupun bagi janin.

Sponsors Link

  • Minum obat hanya dari resep dokter

Jika memang perlu mengonsumsi obat, maka usahakan obat yang dikonsumsi hanya obat dari dokter yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Hindari mengonsumsi obat yang dijual di pasaran tanpa resep dokter dan patuhi aturan konsumsi Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil yang direkomendasikan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai waspadai sakit gigi saat hamil – penyebab, bahaya, dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi